Mempunyai hobi jalan – jalan memang menjadi kesenangan tersendiri, akan tetapi hobi ini terbilang mahal karena kita harus mengeluarkan banyak biaya untuk menjalaninya. Bahkan tidak jarang juga biaya yang dikeluarkan jumlahnya terbilang lumayan, tergantung sejauh mana dan berapa lama waktu kita untuk menjalani hobi mahal ini. Oleh karena itu, sebagai orang yang mempunyai hobi mahal, kita harus cermat dalam mengeluarkan biaya untuk hobi. Selain itu, mengatur keuangan juga sangat perlu agar tidak terjebak dalam masalah keuangan karena menuruti keinginan traveling kita yang mungkin membutuhkan biaya yang lumayan besar. Memang diperlukan keseimbangan dalam mengatur neraca keuangan agar nantinya kantong nggak jadi bolong. Berikut beberapa caranya

  • Cari promo

Hal ini wajib dilakukan sebelum memutuskan untuk jalan – jalan ke suatu tempat. Oleh karena itu, perencanaan untuk melakukan kegiatan traveling harus sudah dilakukan jauh – jauh hari karena biasanya promo itu ada pada saat – saat tertentu saja dan kebanyakan memang harus cermat dalam memilihnya. Promo ini sendiri biasanya ada beberapa macam; ada promo tiket, promo hotel, promo makan, dll. Nah untuk promo tiket perjalanan biasanya disediakan jauh – jauh hari sebelum hari keberangkatan, oleh karena itu mengatur jadwal yang tepat bisa memudahkan kita dalam mengatur pencarian promo.

  • Beli sesuatu yang dibutuhkan saja

Memang sih kalau jalan- jalan itu sudah identik dengan yang namanya belanja, apalagi belanja oleh – oleh untuk orang terdekat kita. Salah satu cara hemat lainnya saat traveling yaitu membeli kebutuhan seperlunya saja, termasuk oleh – oleh. Lagi pula, banyak juga biasanya di tempat wisata terdapat pusat oleh – oleh yang harganya relatif murah kalau kita jelai dalam memilih. Selain itu oleh – oleh, kebutuhan lain pada saat traveling yang gak mendesak juga tidak perlu dibeli, dan sebisa mungkin meminimalisir kebutuhan yang tidak menjadi prioritas pada saat melakukan kegiatan traveling.

  • Tawar selagi bisa

Ini terkait dengan poin no.2 di atas; untuk membeli apa pun usahakan menawarnya selagi bisa. Intinya gak usah malu aja, kan nawar juga kalau kita beruntung bakal dapat harga yang lebih murah asalkan kita menawarnya pada batas yang wajar karena kasihan yang jual juga kalau kita nawarnya terlalu murah. Bukan rahasia lagi kalo apa pun harga di tempat wisata itu hampir gak ada yang murah, dan ini harus kita waspadai. Sebelum nawar, kita bisa cari referensi harga umumnya di internet dulu biar nawarnya nanti gak terlalu mahal atau murah. Intinya sih harus sama – sama menguntungkan aja. Dan jangan lupa untuk jangan langsung beli kalau banyak penjual yang menjual barang serupa di tempat wisata tersebut, bandingin aja dulu harga penawarannya sembari jalan – jalan dulu, nah setelah itu baru deh pilih yang menurut kita lebih pas aja.

  • Batasi dana khusus untuk travelling

Hal ini adalah yang paling penting karena traveling itu tujuannya untuk senang – senang, bukannya untuk bersusah – susah. Jangan sampai setelah kita traveling malah kita kehabisan dan untuk kebutuhan yang lainnya apa lagi kalau kebutuhan itu lebih penting dan mendesak. Untuk dana traveling sendiri mungkin kita bisa menyisihkan 20-25% per bulannya dari total bersih pemasukan kita. Semakin besar sebenarnya semakin baik, tapi asal jangan lupa skala prioritas kebutuhan kita sehari –hari karena itu yang lebih penting.