Buka puasa adalah momen yang ditunggu – tunggu pada saat kita melaksanakan puasa di bulan suci ramadhan. Suasana buka puasa khususnya di Indonesia selalu menjadi saat yang menyenangkan bagi semua orang karena akan banyak orang berjualan makanan dan minuman untuk berbuka. Berbgagai macam makanan buka puasa yang dijual mulai dari makanan dan minuman untuk takjil mau pun makanan buka puasa untuk makanan berat atau utamanya. Akan tetapi, ada hal menarik dalam momen buka puasa ini dimana banyak kesempatan untuk kita berhemat dalam membeli makanan buka puasa atau bahkan ada yang didapatkan secara gratis, apalagi kalau status kita sebagai anak kos yang sangat akrab dengan kata hemat. Berikut beberapa tips berhemat dalam mencari menu buka puasa.

  • Ikut buka bersama di masjid

Untuk yag satu ini memang sudah menjadi tradisi khususnya di Negara kita. Bahkan hampir semua masjdi di Indonesia terutama yang berada di kota – kota besar pasti menyediakan menu buka puasa yang bermacam – macam setiap harinya. Mulai dari takjil sampai makanan utama biasanya banyak tersedia secara gratis di banyak masjid. Kesempatan ini tidak boleh dilewatkan biar biaya pengeluaran kita menjadi hemat. Selain mendapat menu buka puasa gratis, kita otomatis menjadi lebih giat dalam beribadah karena sudah pasti pergi ke masjid.

Baca Juga: Menu Sahur Sederhana Ini Bisa Dimasak Sendiri Lho

  • Ada orang bagi – bagi takjil? Datangin aja
Sumber: https://nucare.id/berita/daerah/takjil-road-program-nu-care-banten-di-awal-ramadhan

Tidak hanya di masjid yang menyediakan menu buka puasa gratis, banyak juga tempat – tempat yang mengadakan buka puasa gratis, seperti di jalan biasanya banyak yang bagi – bagi takjil atau nasi kotak mau pun nasi bungkus. Bahkan di beberapa tempat ibadah selain masjid, seperti gereja dan vihara juga ada yang menyediakan menu buka puasa gratis bagi siapa saja yang mau datang. Hal ini menjadi salah satu kesempatan kita untuk mempererat silaturahmi dengan umat beragama lain dan saling menjaga toleransi antar umat beragama. Selain hemat  pengeluaran, juga sembari menjaga persatuan dan kemanusiaan di antara kita.

  • Beli di warteg aja
Sumber: https://travelingyuk.com/kuliner-warteg/39548/

Memang gak gratis sih, akan tetapi menu buka puasa akan lebih beragam kalau kita beli di warteg. Selain itu, harganya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada di restoran dan rumah makan. Kalau soal rasa bukan masalah yang penting kita bisa hemat dan dan kelparan aja. Apa lagi kalau beli di warteg langganan, udah dijamin porsi ditambah dan kadang juga dikasih bonus.

  • Diskon dan promo

Coba cek merchant di go-food atau grab food di aplikasi ponsel pintarmu deh. Yup bener, banyak banget diskon dan promo apa lagi pas momen ramadhan kayak gini. Kita bisa donk manfaatin itu buat menghemat pengeluaran kita buat nyari menu buka puasa. Selain gak repot harus keluar dan macet – macetan, kita juga dapat harga di bawah harga normal dari hari biasanya. Terima Kasih telah membaca, semoga hari anda menyenangkan.