Mempunyai bisnis yang bisa dijalankan hanya dari rumah tanpa harus ribet bikin kantor adalah impian hampir semua orang. Di era yang serba cepat ini, semuanya tidak bisa dilepaskan dari yang namanya teknologi. Pernah dengar orang yang bekerja hanya dengan ponsel pintar tapi bisa menghasilkan omzet puluhan juta? Atau orang yang hanya memanfaatkan internet untuk bisa mempunyai bisnis onine yang sangat besar? Sekarnag kita juga mempunyai kesempatan yang sama untuk melakukan hal tersebut. Bisnis online memungkinkan kita menjadi orang yang sukses meskipun hanya bekerja dari rumah. Tapi bisnis online apa saja yang bisa kita lakukan agar bisa meraih omzet yang fantastis?

Baca juga: Cara cepat mendapatkan ide kreatif

  • Toko online

Usaha yang menjanjikan salah satunya adalah toko online. Usaha yang satu ini mungkin bukan hal yang asing bagi kita karena hampir semua yang membaca artikel ini pasti pernah melakukan kegiatan jual beli online. Memang bisnis toko online sangat mudah dijalankan dari mana saja karena kita gak harus punya stok barang dan bahkan toko atau gerai untuk memajang produk yang kita punyai. Kita bisa mencari supplier yang mau menyuplai barang untuk kita dan cukup upload produk saja di internet, dan bisnis kita pun siap untuk dikembangkan dan meraup keutungan puluhan juta rupiah per bulan. Selain itu, bisnis toko online ini juga bisa menjadi kerja sampingan untuk menambah penghasilan jika kita menggunkan sistem dropship. Apa itu sistem dropship? Dropship adalah salah satu sistem paling simple dan mudah untuk dijalankan ketika kita memutuskan untuk menekuni toko online. Dalam menjalankan toko online dengan sistem dropship, kita hanya perlu menemukan pembeli untuk produk yang kita tidak perlu untuk produksi atau bahkan stok sendiri. Kalau ada pesanan dari pembeli, kita tinggal menghubungi agen kita yang mempunyai barang tersebut untuk selanjutnya dikirim kepada pembeli. Tentu saja dengan memasang margin harga yang sudah ditentukan sebelumnya agar untung yang didapat sesuai dengan usaha yang kita lakukan. Selain menjadi dropshipper, kita juga bisa menjalankan toko online dengan menjadi seorang reseller, artinya kita tidak usah memproduksi barang sendiri dan tapi membelinya langsung kepada supplier stok barangnya yang nantinya akan kita urus sendiri untuk selanjutnya dikirim kepada pembeli.

Menjalankan toko online memang tidak mudah seperti teorinya, pasti ada saja yang menjadi hambatan untuk mengembangkan bisnis yang sedang banyak digandrungi oleh banyak orang saat ini. Masalah pertama yang lazim ditemui adalah stok barang yang kadang – kadang membuat jengkel diri sendiri karena seringnya kehabisan stok sedangkan pesanan dari pembeli terus mengalir, biasanya untuk kasus yang satu ini banyak ditemui oleh reseller dan dropshipper untuk jenis produk yang best seller dan harganya cendrung murah. Solusi untuk masalah yang demikian memang tidak ada jalan lain selain membeli produk dari supplier untuk stok sendiri agar tidak kehabisan ketika datang pesanan dari pembeli. Memang untuk hal ini dibutuhkan dana lebih untuk modal membeli barangnya, tapi lebih baik keluar modal dari pada gak ada penjualan kan? Kan nanti juga bakal balik modalnya kalau barang sudah terjual habis.

Masalah yang juga sering ditemui para pelaku bisnis toko online adalah banyaknya kompetitor serta persaingan harga yang kadang gak masuk akal. Tapi hal itu masih bisa diatasi dengan beberapa trik yang mungkin tidak semua orang tahu dan bisa melakukannya. Dalam bisnis tentunya dibutuhkan promosi dan branding agar kita mencetak nilai lebih tersendiri untuk bisnis yang sedang kita jalankan, tidak peduli barang apa dan berapa pun harganya, branding dan promosi adalah ujung tombak dari penjualan. Mengapa harus branding dan promosi? Bukankah yang penting laku banyak? Bukankah sekarang banyak cara jualan online gratis? Ya memang, silahkan saja coba yang gratisan, dan bandingkan dengan mereka yang rela keluar modal untuk branding dan promosi. Memang cara gratisan itu menarik untuk penjual, tapi kalau tidak dikelola dengan baik nantinya tidak akan dilirik oleh pembeli. Selain itu, cara gratisan gak selalu gratis, dalam pengelolaannya juga dibutuhkan modal agar lebih menarik dan mempunyai nilai lebih tersendiri. Jadi intinya, jangan mau yang gratisan kalau ingin mencapai omzet besar. Lagi pula, tidak ada yang gratis dalam bisnis.

  • Affiliate

Affiliate marketing dikenal di beberapa kalangan karena sistemnya yang gurih untuk menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit jumlahnya karena memang ini salah satu cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah.  Affiliate menerapkan sistem komisi bagi marketer yang ikut menjualkan suatu produk secara online. Usaha yang menjajikan ini juga banyak digemari karena kita hanya harus menyebarkan link untuk produk tersebut, dan jika ada orang yang membeli ketika mengklik link yang kita sebarkan, kita sebagai marketer akan mendapatkan komisi dari vendor atau pemilik produk tersebut. Komisinya pun bervariasi tergantung harga produk, mulai dari ribuan sampai ratusan ribu rupiah per produk, tergantung harga yang diberikan oleh vendor. Tidak jarang komisi yang tinggi sampai 50% diberikan oleh vendor kepada marketer, oleh karena itu banyak yang tertarik mempromosikan produk tersebut. Bisnis affiliate marketing ini juga bisa dijadikan kerja sampingan yang hasilnya mungkin juga lumayan kalau ditekuni dengan sungguh – sungguh. Banyak orang yang mendpatakan hingga ratusan juta hanya bekerja sebagai affiliate marketer. Affiliate marketing sendiri banyak macam produknya; mulai dari kebutuhan sehari hari seperti baju, celana, sepatu, dan jam tangan. Selain itu, banyak juga yang menjual software dan hardware computer yang biasanya komisinya paling besar.

  • Blogging

Kamu hobi nulis atau punya kemampuan menulis yang bagus? Mungkin kamu bisa mencoba usaha yang menjanjikan ini karena sangat sesuai dengan passsionmu. Mau nulis pengalaman pribadi, berbagi pengetahuan, nulis cerpen, artikel ilmiah, atau apa pun itu bisa kok. Jangan minder dulu apakah nanti yang mengunjungi bolgmu banyak atau bahkan dicuekin gitu aja sama orang  lain. Santai saja, yang penting tulisanmu bermanfaat dan berisi pasti akan banyak orang yang nyari kok. Faktanya, banyak orang yang hidupnya bergantung dari nulis di blog karena memang ini adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet dengan menggunakan passion menulis yang dimiliki. Dalam kegiatan blogging, kemampuan lain yang harus kamu miliki adalah kemampuan membuat website sederhana dan juga optimasi di mesin pencari seperti google (SEO). Tenang, itu juga gak sulit – sulit amat kok kalau kamu mau belajar karena banyak tutorial gratis yang bertebaran di internet yang bisa kamu pelajari. Selain itu, sosial media juga bisa kamu manfaatin untuk menyebar tulisanmu yang sudah kamu posting di blog, yang penting nulis aja dulu sambil belajar skill penunjang yang dibutuhkan.

  • Trading

Untuk bisnis online yang satu ini memang agak sulit dan juga membutuhkan modal yang memang tidak sedikit. Bisa sih modalnya sedikit tapi kayaknya kurang bonafit aja mengingat cara mendapatkan uang dari internet  yang satu ini resikonya cukup tinggi karena sistemnya adalah investasi jangka pendek. Jadi kejelian dan kesabaran memang menjadi senjata utama –selain modal- yang harus kita punyai biar nanti gak emosi aja bawaanya karena rugi terus. Tapi kalo udah tahu tekniknya, untungnya bukan main, bahkan kamu gak perlu kerja di bidang lain lagi udah cukup, bahkan kadang lebih. Oh ya untuk trading ini ada forex, saham, dsb, silahkan pilih sesuai keinginan pribadi aja. Sebelum memulai trading, jangan lupa untuk memilih broker yang terpercaya sehingga nantinya tidak ada kendala dalam melakukan baik pada saat transaksi, deposit, mau pun withdraw.

  • Jasa

Kamu bisa desain visual? Kamu bisa nulis? Kamu punya kemampuan koding? Buka bisnis online di bidang jasa aja. Sekarang ini banyak banget orang yang bekerja sebagai freelancer online di bidang jasa, mulai dari jasa desain, jasa menulis artikel, sampai jasa pemrograman. Omzet yang mereka dapatkan pun tidak main – main, bahkan banyak pula dari mereka yang awalnya hanya freelancer kemudian mendirikan perusahaan di bidang yang mereka kuasai. Bukan hanya sekedar usaha yang menjajikan, bisnis di bidang jasa juga merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah dan fleksibel karena kita bebas memasang tariff dan bekerja sesuai kreativitas yang kita miliki. Selain yang disebutkan di atas, bisnis online di bidang jasa sangat banyak macamnya sekarang seperti broker properti online, membuka jasa titip, manjadi penerjemah, admin sosial media, konsultan online, dll.

  • Youtuber

Asshiappp!!! Mungkin kita sangat familiar dengan kata tersebut kalau kita berselancar di platform berbagi video, youtube. Yup benar sekali, siapa lagi yang biasa ngomong kayak gitu kalau bukan youtuber asal Indonesia yang mempunyai subscriber terbanyak di asia tenggara dengan lebih dari 13 juta subscriber! Bisa bayangin donk udah berapa itu omzetnya dalam sebulan, mungkin sudah mencapai milyaran. Nah sekarang kamu sudah tahu kan gimana cara menfaatin kenarsisanmu itu? Saat memulai lebih baik jalan aja dulu karena memang cara mendapatkan uang dari youtube itu bisa dibilang mudah. Seiring berjalannya waktu, kamu pasti menemukan cara mendapatkan uang dari youtube dengan benar dan bahkan mungkin saja itu jadi profesi tetap seperti raja youtube Indonesia tersebut.

  • Menjual software

Cara mendapatkan uang dari internet yang satu ini berhubungan dengan poin nomor lima yaitu di bidang jasa. Bedanya, kalau kita menyediakan jasa, kita hanya mendapat bayaran sekali saja setelah proyek sudah selesai dikerjakan. Nah bedanya kalau menjual software, kita membuat sendiri software tersebut untuk langsung dijual secara missal kepada orang – orang. Bisa dibayangin donk cara mendapatkan uang dari internet yang satu ini bisa menghasilkan uang sampai berapa. Kita hanya perlu bekerja sekali sedangkan keuntungan datang terus menerus. Hal inilah yang menjadikan bisnis ini menjadi salah satu usaha yang menjajikan bagi pelaku usahanya.

Baca juga: daftar orang terkaya di dunia

  • Sosial media influencer

Sosial media influencer adalah orang yang terkenal di platform sosial media yang mempunyai banyak follower sehingga dia menjadi seorang selebriti di sosial media, kalau di twitter di sebut selebtwit, dan kalau di instagram namanya selebgram. Menjadi seorang selebtwit atau selebgram itu gak susah kok. Kita Cuma harus punya banyak follower dan konten yang menarik untuk feed akun sosial media kita. Menjadi seorang selebriti di sosial media sudah menjadi profesi baru saat ini karena hanya dengan posting sesuatu di sosial media kita berpotensi mendatangkan profit yang tidak sedikit. Ketika follower sudah mencapai ribuan bahkan jutaan, secara langsung kita mempunyai fans atau audiens yang akan selalu setia update tentang kita. Saat itulah pundi – pundi rupiah bisa diraih dengan memanfaatkan follower untuk mempromosikan produk, baik produk kita sendiri atau produk endorse dari orang lain.