Menjadi seseorang yang sukses adalah keinginan yang mungkin ada dalam setiap diri manusia. Namun, apa sih makna sukses yang sebenarnya? Apakah sukses itu berarti mempunyai kekayaan materi? Atau sukses berarti juga karir yang cemerlang? Atau sukses itu bahkan bukan tentang semua yang selama ini kita kira? Jawabannya bisa ya atau tidak, dan makna kesuksesan sebenarnya sangat relative dan dinamis. Lantas bagaimana cara agar sukses dalam makna yang sangat luas itu?

  1. Kenali diri

Pepatah bilang kenalilah dirimu sebelum engkau mengenal orang lain karena semua yang kamu lakukan adalah untuk dirimu sendiri. Ada benarnya juga kalau dipikir, terkadang kita lupa siapa diri kita dan apa yang kita inginkan di hidup ini. Padahal, hal itulah yang nantinya akan menuntun ke jalan kesuksesan. Apa yang dimaksud dengan mengenali diri sendiri? Yang jelas, kita harus sesering mungkin beerinteraksi agar mengetahui karakter dasar dari diri sendiri, mulai dari hal yang sangat disukai, bakat yang dipunyai, dll. Setelah itu, barulah bisa kita menentukan arah kemana langkah selanjutnya yang harus ditempuh.

2. Tentukan tujuan hidup

Lanjutan dari poin pertama, setelah mengenali diri sendiri, kita bisa menyusun rencana untuk ke depannya. Biasanya rencana yang harus disusun terlebih dahulu adalah rencana jangka pendek dan bersifat mendesak karena beberapa langkah harus ditempuh dengan cepat dan segera. Akan tetapi, rencana jangka menengah dan jangka panjang juga tidak kalah penting, karena di situlah tujuan hidup bisa kita tentukan. Semuanya saling berkesinambungan dan berkaitan. Menjalaninya demi satu langkah akan semakin mendekatkan kita pada kesuksesan, asal tidak berhenti di tengah jalan.

3. Hidup ini cuma sekali

You only live once, begitu yang sering terdengar di berbagai tempat sebagai motivasi untuk terus maju meraih mimpi yang kita impikan selama ini. Ada benarnya juga, kesempatan untuk meraih mimpi hanya di kehidupan ini –saat ini- dan kalau tidak mulai dari sekarang mau kapan lagi? Soal berhasil atau tidak itu urusan belakangan toh bukan juga kita yang menentukan berhasil atau tidak, yang penting usaha dulu yang maksimal.

4. Setiap manusia adalah individu merdeka

Semua orang mempunyai hak untuk bermimpi dan meraih kesuksesan atas mimpinya. Apakah menjadi kaya? Menjadi terkenal? Menjadi hebat? Atau menjadi pintar? Semuanya bisa diraih asalkan semua kita lakukan dengan cara dan versi kita sendiri. Gak perlulah ikut orang lain karena mereka bisa jadi kaya atau terkenal. Kalau kita menjadi seorang yang sangat paham dalam bidang yang kita tekuni dan punyai passion di sana, gak mungkin juga nantinya gak kaya dan terkenal. Sudah banyak kok buktinya, yang penting gak percaya diri dan berani aja dulu.

5. Prinsip hidup adalah yang terpenting

Apa pun prinsip yang dipegang setiap orang adalah sebuah hal yang nantinya akan membentuk karakternya. Pada akhirnya, yang membedakan satu orang dan yang lain itu bukan hanya level kesuksesan, kelas sosial, atau apa pun; tapi prinsip yang diyakininya karena itu selayaknya pusaka yang dimiliki oleh setiap orang yang nilainya tidak bisa dibeli oleh apa pun. Manusia menjunjung tinggi nilai karena berakal, dan materi harusnya menjadi pelengkap kebutuhan saja.

Jadi, apa makna suksesmu? Jawabannya ada pada masing – masing.