Surabaya adalah kota terbesar kedua di indonesia setelah Jakarta, maka tak heran bila Surabaya mendapat julukan wakil ibu kota Negara. Bila membahas Surabaya, tentunya tidak pernah lepas dari julukan yang sangat simbolis dari kota ini, yaitu kota pahlawan. Sebutan itu diberikan berkat aksi keberanian dan heroik arek – arek suroboyo pada tahun 1945 dalam pertempuran hidup mati melawan sekutu. Meskipun tidak dibekali ilmu militer dan senjata yang mumpuni, rakyat Surabaya nekat melawan penjajah sampai titik darah penghabisan. Oleh karena itu, untuk mengenang perjuangan heroik para pahlawan kemerdekaan tersebut, dibangunlah tugu pahlawan yang menjadi ikon sekaligus salah satu tempat wisata di Surabaya yang paling terkenal. Berbicara mengenai tempat wisata, Surabaya juga memiliki berbagai macam tempat wisata, mulai dari yang buatan mau pun alam. Selain tempat wisatanya, Surabaya juga sangat terkenal dengan kuliner khasnya yag unik dan lezat. Berikut daftar lengkapnya.

Ekowisata Mangrove

Source: Dwi Okta – https://www.hargatiket.net/ekowisata-mangrove-pik/

Liburan bisa sambil belajar nampaknya sangat pas bila kita berkunjung ke tempat wisata di Surabaya yang satu ini. Ekowisata mangrove ini berlokasi di desa wonorejo, kecamatan rungkut, Surabaya. Dengan lahan yang sangat luas yaitu sekitar 200 hektar, hutan mangrove ini bisa dijadikan tempat bermain sambil belajar mengenal vegetasi tumbuhan seharian penuh. Meskipun awalnya dibuat untuk mencegah abrasi dari pantai, nampaknya sekarang sudah berkembang fungsinya menjadi tempat fotogenik, khususnya bagi para penggemar fotografi dan anak muda. Tidak heran bila ketika berkunjung ke hutan mangrove ini, akan banyak ditemui orang yang tidak hanya melakukan swafoto dengan latar belakang hijaunya tumbuhan, akan tetapi banyak juga yang memang memilih lokasi ini untuk mengambil gambar untuk kepentingan komersil. Oh ya, di sepanjang ekowisata mangrove ini juga sudah disediakan jalan setapak bagi siapa saja yang berkeliling hutan mangrove ini. Bukan hanya itu, jika kita ingin melihat ekowisata mangrove ini dari sudut pandanga lain, kita juga bisa menyewa speed boat lho. Satu lagi, ekowisata mangrove ini juga menyediakan tempat untuk beli oleh – oleh khas Surabaya lho.

Kenpark (Kenjeran Park)

Source: https://sibukliburan.id/atlantis-land-kenjeran-wisata-water-park-terbaru-di-surabaya/

Kenjeran Park atau yang biasa disebut PaRis (Pantai Ria Surabaya) merupakan salah satu ikon kota Surabaya sejak dahullu. Meskipun kini telah banyak berubah, tapi pesona kenpark ini tidak bisa hilang dan malah sekarang bertambah bagus karena telah dibangun dan dikembangkan oleh pihak pemerintah kota Surabaya. Kenpark ini sebenarnya memiliki potensi seperti wahana bermain seperti Disneyland dan universal studio, tetapi memang semua perlu pengembangan dan biaya mengingat untuk menjadikannya seperti itu tidaklah murah. Di dalam kenpark sendiri saat ini sudah cukup banyak tempat yang bisa menjadi hiburan baik bermain mau pun untuk berfoto ria. Salah satu contohnya adalah atlantis land yang baru dibuka pada tahun 2017 sialm. Selain atlantis land, ada beberapa spot menarik yang sayang kalau dilewatkan jika berkunjung ke kenpark. Tempat yang dimaksud adalah replika pagoda tian ti yang sama persis seperti di Beijing, cina. Selain itu, ada juga patung Buddha 4 sisi dan juga patung dewi kuan im yang tinggi dan besar. Selain spot – spot tersebut, masih banyak spot yang bisa dikunjungi dan sangat bagus untuk berfoto ria. Tiketnya yang murah yakni sekitar 5 ribu rupiah menjadi sangat worth it banget kalau berkunjung ke sini, dijamin gak rugi deh.

Kebun Bibit Wonorejo 

Source: Amelia Bintang – https://www.jejakpiknik.com/kebun-bibit-surabaya/

Salah satu tempat wisata di Surabaya ini sudah cukup terkenal baik di kalangan masyarakat Surabaya sendiri mau pun orang yang berkunjung ke kota pahlawan ini. Dari namanya saja, mungkin semua orang sudah tahu bahwa kawasan wisata ini dibangun untuk pembibitan atau pengembang biakan bibit tanaman. Kebun bibit ini terletak di desa wonorejo, dekat dengan ekowisata mangrove. Tempat yang rindang dan hijau menjadikan kebun bibit ini seolah wajah lain dari kota Surabaya yang padat dan panas. Bila berkunjung ke kebun bibit ini, kita tidak akan dikenakan biaya masuk alias gratis 100%, tapi hanya harus membayar biaya parker yang sangat murah banget. Selain berbagai macam bibit tanaman, kita juga bisa menikmati pemandangan air tenang yang dihiasi oleh pepohonan yang rimbun di dalam kebun bibit ini. Air tenang yang dimaksud adalah danau buatan yang berukuran kecil. Selain danau buatan, kita juga bisa melihat mini zoo di tempat ini yang dihuni oleh rusa dan beberapa unggas. Oh ya, jangan khawatir haus atau lapar ketika selesai jalan – jalan di tempat ini karena di sekitar kebun bibit wonorejo ini banyak pedagang yang menjual beebagai macam makanan dan minuman yang harganya juga sangat merakyat. Jadi, kapan mau berkunjung ke kebun bibit ini?

Tugu Pahlawan Surabaya

Source: https://www.tripadvisor.co.id/Attraction_Review-g297715-d379338-Reviews-or20-Tugu_Pahlawan-Surabaya_East_Java_Java.html

Siapa sih yang gak tau tempat ini? Salah satu tempat wisata di Surabaya yang paling banyak dikunjungi ini adalah ikon utama dari kota Surabaya. Tugu pahlawan dibangun atas dasar perjuangan dan keberanian arek –arek suroboyo berperang melawan penjajah demi kemerdekaan republik Indonesia. Tugu yang dibuat di atas lahan seluas 2,5 hektar ini mempunyai kisah panjang dari perjuangan rakyat Surabaya di jaman penjajahan. Oleh karena itu, tidak hanya sebuah tugu, di sana juga dibangun museum tugu pahlawan yang mengisahkan tentang perjuangan era kemerdekaan dulu. Di dalam museum ini, terdapat berbagai macam napak tilas peninggalan sejarah 45 dulu, seperti senjata yang dipakai arek – arek suroboyo untuk melawan penjajah, pidato perjuangan bung tomo yang sepertinya sudah viral saat pertama kali ia melantangkannya, dan juga masih banyak lagi. Kawasan tugu pahlawan ini selalu ramai dikunjingi oleh wisatawan baik lokal mau pun mancanegara, terutama di hari libur. Wilayah yang lumayan luas untuk dijajaki tidak akan membuat kita khawatir akan rasa lelah karena di sekitar kawasan tugu pahlawan, banyak wisata kuliner Surabaya yang siap menyambut kapan pun kita datang. Satu yang pasti, setelah mengunjungi kawasan wisata ini, kita akan menjadi lebih memahami bagaimana susahnya para pahlawan berjuang mempertahankan kemerdekaan bumi pertiwi ini.

Kebun Binatang Surabaya

 

Pasti hampir semua orang yang pernah ke Surabaya sudah mencicipi bagaimana asyiknya berinteraksi dengan ratusan jenis hewan yang ada di tempat ini. Kebun binatang Surabaya merupakan salah satu kebun binatang tertua di Indonesia karena usianya yang sudah lebih dari satu abad. Tempat wisata di Surabaya yang termasuk dalam jajaran ikonik ini juga telah melewati catatan sejarah panjang mulai dari pertama dibangun hingga hari ini. Beruntung kota Surabaya mempunyai walikota yang sangat peduli dengan kotanya ini, termasuk dengan kebun binatang tersebut. Tidak seperti beberapa tahun lalu yang mendapat hujatan dari berbagai pihak dan aktivis lingkungan karena tidak bisa mengelola kebun binatang sehingga banyak hewan yang mati, hari ini kebun binatang Surabaya sudah jauh lebih baik dan semakin bagus dari hari ke hari. Hal ini tidak lepas dari control pemerintah kota Surabaya yang ingin menjadikan Surabaya sebagai contoh pembangunan bagi kota – kota lain di Indonesia. Kini, kita bisa menikmati indahnya kebun binatang dengan ratusan spesies hewan yang terawat dengan sehat.

Kuliner Surabaya

Selain objek wisata yang ikonik dan menjadi ciri khas kota pahlawan Surabaya, wisata kulinernya pun tidak mau ketinggalan. Bahkan, banyak orang berpendapat bahwa kuliner di kota pahlawan ini adalah salah satu yang terbaik di Indonesia karena memiliki cita rasa yang kaya, apa lagi kalau berbicara soal sambal. Saking melekatnya sambal dengan kota Surabaya, banyak orang Surabaya bilang bahwa bukan makan namanya kalau tidak ada sambal atau sesuatu yang bikin lidah seperti suara kipas angin alias kepedesen. Berikut makanan khas Surabaya yang wajib dicoba dika berkunjung ke kota pahlawan ini.

Rawon

Rawon merupakan makanan khas Surabaya yang rasanya sangat maknyus, apa lagi kalau disantap ketika masih panas. Rawon di Surabaya yang paling terkenal adalah rawon setan yang letaknya ada di jl.embong malang. Namanya mungkin cukup seram karena ada embel – embel setan di sana. Tapi, bukan tanpa alasan kuliner Surabaya ini dinamakan rawon setan; alasannya yang pertama karena jam bukanya yaitu pada jam 10 malam, dan alasan yang kedua adalah karena rawon ini yang pedas dan sangat menggugah selera bila sudah menyentuh lidah. Bahkan, tidak jarang kita akan mandi keringat jika makan rawon setan ini. Bagi pecinta rasa peda, makanan ini bisa menjadikan kamu pengabdi (rawon) setan!

Lontong Balap

Lontong balap ini merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang sudah lama ada di kota pahlawan ini. Sebenarnya, lontong balap ini mirip dengan lontong sayur, baik dari bahan bakunya sampai cara penyajiannya. Akan tetapi yang membuat beda adalah siraman sambal yang menjadi ikon kuliner Surabaya dan lentho yang menghiasi makanan ini. Buat yang kepo kenapa kok makanan ini dinamain lontong balap, tidak ada catatan sejarah yang pasti mengenai penamaan ini. Tapi, dari cerita rakyat yang beredar, awal mula dinamai lontong balap bukanlah karena lontongnya yang balapan ya guys, melainkan penjualnya yang balapan ketika berjualan, baik itu balapan untuk mendapatkan pelanggan atau pun cara menyajikannya. Tapi tidak penting bagaimana nama itu ada, yang penting rasanya yang sudah pasti maknyus banget!

Pecel Semanggi

Kamu pernah main kartu remi? Pasti sudah tahu donk ada yang logonya semanggi, dan nampaknya itu terinspirasi dari bentuk daun semanggi karena bentuknya yang sama persis. Semanggi ini menjadi makanan khas Surabaya yang disukai oleh hampir setiap orang di Surabaya. Akan tetapi, keberadaan semanggi sendiri di Surabaya saat ini jauh lebih sedikit mengingat pembangunan infrastuktur yang masif sedang dilakukan, dan itu menyebabkan banyak lahan yang berupa persawahan sudah beralih menjadi gedung – gedung perkantoran. Tapi jangan khawatir, masih ada kok orang yang jualan pecel semanggi keliling meskipun sudah gak sebanyak dulu. Harganya yang murah dan rasanya yang yahud biasanya membuat seseorang gak puas jika hanya beli satu porsi.

Rujak Cingur

Ini nih yang jadi ikon utama dari kuliner Surabaya dari sekian banyak makanan yang ada di kota pahlawan. Rujak cingur merupakan makanan khas Surabaya yang penyajiannya agak berbeda dengan rujak pada umumnya. Selain menggunankan petis sebagai bahan dasarnya, cingur sapi adalah bahan utama lainnya yang harus ada di dalam salad asli Indonesia ini. Tidak lupa juga, kalau tidak pedas bukan Surabaya namanaya. Tapi bagi kau yang gak suka peda bisa banget kok minta kepada penjualnya untuk tidak memasukkan banyak cabai ke dalam rujak tersebut.