Youtube kini sudah menjadi salah satu platform yang sangat populer di dunia. Mengutip pernyataan dari CEO youtube, susan wojcikci, kini layanan streaming video tersebut memiliki jumlah penonton sebanyak 1.8 miliar orang setiap bulannya. Data statistik ini menjadikan youtube sebagai raja dalam platform streaming video dan juga sebagai salah satu perusahaan periklanan terbesar di dunia. Berbicara soal iklan, mungkin setiap kita nonton video di youtube gak bisa lari dari yang namanya iklan –apa pun topik dari iklan itu- yang selalu muncul baik di awal, tengah, mau pun akhir video. Hal ini yang dimanfaatkan banyak orang untuk menjadi youtuber dan bahkan banyak orang yang profesi utamanya menjadi youtuber karena cuan yang didaptkan memang fantastis. Lalu bagaimana cara mendapatkan uang dari youtube biar bisa jadi kayak youtuber yang terkenal itu? Simak caranya di bawah.

  • Konten Unik

Menjadi seorang youtuber berarti otomatis menjadi seorang konten kreator dalam bentuk video. Akan tetapi, membuat konten berupa video untuk menjadi seorang youtuber memang tidaklah mudah. Selain harus mempunyai kemampuan membuat kualitas visual yang baik, kamu juga dituntut untuk membuat konten yang unik dan mempunyai ciri khas. Seperti youtuber terkaya di Indonesia, atta halilintar, yang mempunyai ratusan video unik dan kualitas visual yang bagus. Atta sendiri mempunyai karakter yang unik sebagai seorang youtuber, akan tetapi yang paling penting adalah konten video yang dibuatnya juga unik dan mempunyai perbedaan dengan youtuber lain. Hal inilah yang menjadikan nilai jual atta sebagai youtuber menjadi mahal dan menarik sehingga dia sekarang mempunyai subscriber sebanyak lebih dari 18 juta orang. Atta menawarkan hal yang glamor dan identik dengan kehidupan yang hedon, dan itu menjadi kelebihan atta karena dia adalah youtuber Indonesia pertama yang mempopuplerkan konten tentang kehidupan pribadinya yang bergelimangan kekayaan materi. Selain itu, hal itulah yang menjadikan atta menjadi pusat perhatian para warganet sehingga penasaran untuk menonton videonya. Contoh lain selain atta adalah sekelompok komika yang juga menjadi yotuber dengan nama majelis lucu Indonesia. Sama seperti namanya, mereka adalah kumpulan orang yang suka melucu dan menyajikan lelucon – lelucon di channel mereka. Melalui channel youtubenya, majelis lucu Indonesia menyajikan konten yang unik sekaligus menghibur banyak penontonnya dengan konten lawakan yang anti mainstream. Kalau dari luar negeri, ada pewdiepie yang menjadi youtuber terkaya di dunia dengan penghasilan lebih dari 100 miliar rupiah per bulan. Hanya dengan konten bermain game, ia sukses menjadi youtuber yang sangat terkenal. Satu yang bisa dipelajari dari para youtuber tersebut, mereka menggunakan passion dan kemampuan yang dipunyai untuk ditampilkan di channel youtube mereka. Jadi buat kamu yang pengen jadi youtuber juga seperti mereka, apa passion dan kemampuanmu yang bisa dijual melalui youtube?

  • Konsisten

Menjadi konsisten adalah kunci utama cara mendapatkan uang dari youtube, selain membuat konten yang unik dan bisa menarik perhatian penonton. Biasanya, dalam perjalanan karir menjadi seorang youtuber, menjadi konsisten adalah hal paling sulit dilakukan karena beberapa faktor, salah satunya adalah karena merasa bahwa telah gagal menjadi seorang youtuber yang terkenal, dan biasanya disebabkan karena jumlah penonton dan subscriber tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Memang perjalanan di awal selalu berat, dan memang perlu diketahui bahwa menjadi seorang youtuber itu tidaklah mudah jika tidak tahu caranya. Oleh karena itu, menjadi konsisten sangatlah sulit di saat yang seperti itu. Sebenarnya sih bukan masalah meskipun mempunyai jumlah penonton dan subscriber yang sedikit, toh kalau memang konten yang dibuat bagus dan berkualitas, terlebih bermanfaat bagi orang yang melihatnya, pasti lambat laun akan dikenal banyak orang juga dan yang pasti cuan akan datang dengan sendirinya. Intinya harus terus berusaha dan pastinya harus ekstra sabar karena semua itu butuh proses.

  • Sasaran Audiens

Hal yang satu ini harus dilakukan sebelum memulai karir sebagai seorang youtuber, yaitu mengetahui tentang kondisi pasar. Apa yang dimaksud dengan kondisi pasar? Menjadi seorang youtuber berarti menjadi agen periklanan di youtube. Nah, untuk menjadi agen periklanan yang bisa memuaskan para kliennya, pengiklan, seorang youtuber harus mengetahui pangsa pasar yang ada untuk disesuaikan dengan kebutuhan para pengiklan. Dari sinilah cara mendapatkan uang dari youtube itu diterapkan. Sebelum memulai membuat konten untuk youtube, kamu harus riset dulu tentang pola audiens yang menjadi penonton di youtube dan memahami pola konsumsi video dari audiens. Kamu harus mengetahui sebanyak – banyaknya tentang audiens mulai dari hal apa yang mereka sukai, video apa yang biasa mereka tonton, apa yang sedang tren sekarang, apa yang banyak dicari oleh audiens, dll. Intinya, sebelum membuat konten, kamu harus menjadi audiens dulu untuk memahami konten seperti apa yang diinginkan oleh audiens sehingga nantinya video yang kamu unggah memiliki banyak penonton dan bahkan menjadi trending youtube kalau kontennya benar benar memupunyai banyak penonton. Lalu bagaimana cara melakukan riset untuk mengetahui konten apa saja yang mempunyai potensi ditonton oleh banyak orang dan menjadi viral? Sebenarnya susah – susah gampang juga kalau soal itu. Untuk awalan, coba tiru saja konten yang menjadi trending di youtube dengan melakukan modifikasi pada beberapa bagian. Akan tetapi, akan lebih baik memang jalan saja dulu, asalkan konten itu mempunyai kualitas audio dan visual yang bagus serta konsep yang unik, lama – lama akan banyak juga kok yang nonton.

  • Optimasi

Ini adalah teknik lanjutan yang harus dilakukan seorang youtuber jika ingin cepat mendapatkan banyak jumlah penonton dan subscribernya. Bagian ini adalah yang paling rumit dan detail untuk cara mendapatkan uang dari youtube. Bagaimana tidak, selain harus dilakukan sedikit – demi sedikit, optimasi untuk konten youtube memang tidaklah semudah yang dibayangkan. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengoptimasi video di youtube supaya mendapatkan jumlah penonton dan subscriber yang banyak dengan waktu yang singkat?

Optimasi pada youtube berbeda dengan optimasi pada blog atau website karena memang keduanya merupakan platform yang berbeda dan mempunyai algoritma masing – masing yang tentunya juga berbeda. Video pada youtube bisa dioptimasi dengan konten yang ada pada video tersebut, termasuk pada judul, deskripsi, dan tag pada video tersbut. Selain optimasi pada sisi internal di video, optimasi juga bisa dilakukan dari sisi eksternal video dengan mempromosikan link video yang sudah diunggah di youtube di luar youtube seperti di sosial media dan website. Jika berniat melakukan branding pada channel youtube, kamu bisa melakukannya via sosial media dengan rajin beriklan baik itu di facebook, twitter, atau pun instagram. Selain iklan berbayar, kamu juga bisa endorse ke selebgram atau selebtwit agar nantinya penonton pada videomu bertambah banyak. Bisa sih pakai cara gratisan di sosial media dengan memposting link videomu di status atau story di akun sosial mediamu, tapi kalau kamu gak punya follower yang banyak akan susah juga buat dapetin penonton yang banyak.

Selain cara berbayar, ada juga car gratis yaitu dengan mengoptimasinya via mesin pencari. Caranya memang agak mirip dengan cara mengoptimasi blog atau website yaitu dengan menyebar link video ke website yang memiliki pengunjung dalam jumlah banyak. Selain itu, ada juga cara agar videomu ditonton oleh banyak orang dalam waktu yang singkat yaitu dengan cara kolaborasi dengan youtuber yang juga mempunyai jumlah penonton dan subscriber yang lumayan banyak. Dengan begitu, videomu otomatis akan ditonton oleh penonton youtuber yang kamu ajak kolaborasi tersebut. Akan tetapi, kamu gak begitu saja bisa kolab sama dia kalau kontenmu memang belum cukup menarik dan memberikan benefit yang besar bagi dia.