Sebuah kabar cukup unik tapi tidak mengejutkan datang dari salah satu raksasa game dari Jepang, Square Enix. Tanpa adanya bocoran bocoran info, tiba tiba halaman resmi twitter dari Star Ocean (salah satu franchise RPG legenda besutan perusahaan ini) mengumumkan bahwa akan ada remake untuk game seri pertama Star Ocean yang akan dirilis di console Sony dan Nintendo. Judul resmi game tersebut adalah Star Ocean: First Departure R.

Game paling awal dari keselurahan franchise star ocean tersebut, sebelumnya dirilis pada tahun 1996 ekslusif untuk Super Famicom milik Nintendo di Jepang. Bagaimana dengan luar Jepang? tentu saja tidak dirilis, bahkan untuk konsol SNES pun yang notabenenya Super Famicom versi luar Jepang, game ini tak pernah rilis ke konsol tersebut. Rumor yang diterima oleh publik adalah Enix (sebelum bergabung dengan SquareSoft) tengah mengalami masalah fianansial sehingga divisi luar Jepang terpaksa harus gulung tikar.

Sumber: https://goldenagerpgs.com/sfc_snes/star-ocean/

Pada tahun 2008, akhirnya seri pertama Star Ocean ini di remake kemabali ke Playstation Portable oleh TOSE, dan di publikasikan oleh Square Enix (Enix dan SquareSoft bergabung) dengan judul Star Ocean First Departure. Untuk kali ini para gamer diluar Jepang bisa memainkan game ini secara resmi.

Sumber: https://nyaa.si/view/1109344

Game ini menceritakan tentang seorang anak muda dari planet Roak bernama Roddick Farrence beserta teman nya yang mempunyai tujuan untuk melindungi planet mereka. Mereka dibantu dengan beberapa individu salah satunya adalah beberapa kelompok manusia dari bumi. Iya di seri Star Ocean yang mengambil setting tahun 2432 tersebut manusia sudah melakukan ‘space warp’ untuk menjelajahi planet lain dan menjalankan misi mereka. Dan didalam misi itulah plot dari seri ini sangat menarik. Dimulai dari untuk sekedar mencari habitable planet yang baru sampai dengan hal rahasia lainnya. Kami tidak sabar menantikan setidak nya bagaiman hasil visual dari remake dan remake ini. terima kasih sudah membaca, semiga hari anda menyenangkan.

Sumber: https://twitter.com/StarOcean

https://www.gameinformer.com/2019/05/25/star-ocean-first-departure-r-heading-to-ps4-switch