Website adalah sebuah platform yang digunakan untuk berbagai hal, palagi sekarang ini sudah memasuki era teknologi informasi dimana kehadiran website adalah sebuah kemutlakan bagi sebagian orang, bukan lagi hanya sebagai media penunjang. Ada banyak macam – macam website yang bisa digunakan untuk perkembangan dalam beberapa bidang pekerjaan. Dalam pembuatannya pun kini website semakin mudah bahkan tanpa perlu mahir dalam koding atau kuliah di bidang informatika.

Dalam perkembangannya, website sudah menjamur saat ini karena banyaknya orang yang mempunyai kemampuan dan kemauan untuk membuat website sendiri sesuai dengan kebutuhan dan dana yang ada. Banyak platform yang menyediakan fitur untuk pembuatan web gratis dengan sangat mudah dan cenderung instan, yaitu website dalam bentuk blog. Contoh platform yang menyediakan pembuatan website gratis adalah blogger, wordpress, tumblr, wix, dll. Website dalam bentuk blog dan hanya memakai subdomain dari masing – masing platform itu umumnya digunakan untuk media menulis bagi netizen, baik tulisan yang hanya berupa opini seperti diary online mau pun tulisan yang sangat berisi yang nantinya akan bisa dimonetisasi agar bisa menghasilkan uang. Untuk toko online atau company profile, biasanya sudah tidak digunakan blog gratisan dari beberapa platform tersebut, melainkan menggunakan website yang berbayar dimana kita wajib menyewa domain dan hosting untuk website kita sendiri. Akan tetapi, memiliki website yang bukan dari platform gratisan memiliki kelebihan tersediri yaitu kita bebas untuk proses development-nya dan tentu saja terlihat lebih professional. Akan tetapi, kemampuan koding yang kita miliki akan sangat menentukan bagaimana bentuk dari website kita nantinya. Tapi itu bukanlah sebuah masalah karena kita bisa mempelajarinya sembari mengerjakan website tersebut karena sudah banyak bertebaran tutorial membuat website di internet dan juga kursus online gratis bagaimana cara membuat website yang bagus.

Website berupa blog gratisan atau pun yang premium berbayar adalah pilihan bagi kita dalam memenuhi kebutuhan akan website itu sendiri. Bila hanya untuk menulis dan berniat iseng, blog gratisan boleh menjadi pilihan. Akan tetapi, bila itu untuk profesionalitas dalam pekerjaan kita, tentu website premium sudah menjadi kebutuhan untuk kita.