Sudah terlanjur berada di zona nyaman memang susah untuk berubah menjadi yang lebih lagi. Akan tetapi, kalau kita bersedia keluar dari zona nyaman pasti kita nantinya akan banyak menemukan hal baru dan pengalaman baru yang tak ternilai. Memang semua tidak terasa mudah, tapi kalau pengennya yang  mudah jadinya tetap berada di zona nyaman donk. Keluar dari zona nyaman itu bukanlah momok yang harus ditakuti, melainkan hal yang seru yang wajib dicoba, because YOLO, You Only Live Once. Lalu bagaimana caranya?

  • Belajar hal baru

Apa sih hal menarik yang selalu kita ingin pelajari tapi selalu ditunda karena malas dan gak ada waktu? Mungkin ini saatnya untuk melaksanakan niat yang sudah lama tertunda. Belajar hal baru bisa dimulai dengan sekedar kepo aja, dengan begitu lambat laun kita akan secara langsung mencari info lebih tentang sesuatu tersebut. Terlebih jika kita berniat bukan hanya mempelajarinya, tapi juga mulai melakukan implementasi pada hal baru yang kita pelajari di sela – sela kesibukan sehari –hari. Terdengar menyenangkan, bukan?

  • Lingkungan yang baru

Fakotr lingkungan juga merupakan salah satu penyebab kita terjebak dalam zona nyaman, terutama lingkungan kerja. Untuk keluar dari zona nyaman dalam konteks yang satu ini memang harus diperlukan keberanian yang luar biasa. Keluar dari lingkungan yang lama untuk masuk ke dalam lingkungan yang baru memanglah tidak semudah yang dibayangkan dan yang terpenting harus pandai beradaptasi apa lagi ketika mengalami culture shock. Tapi, semua tidak perlu dikhawatirkan karena kita harus membiasakan diri saja untuk berada di lingkungan yang baru tersebut.

  • Kebiasaan baru 

Hal ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa harus masuk ke lingkungan yang baru seperti pada poin ketiga di atas. Melakukan kebiasaan baru akan otomatis mengeluarkan kita dari zona nyaman karena secara langsung kebiasaan yang lama akan ditinggalkan dan digantikan dengan kebiasaan yang baru. Dengan kebiasaan yang baru, maka kita juga berpeluang mempelajari hal yang baru dan bahkan mungkin melakukan hal – hal baru yang mungkin belum pernah kita lakukan sebelumnya. Hal tersebut akan sangat menyenangkan dan menantang tentunya.

  • Mencoba hal baru

Mencoba hal baru bukanlah hal disukai semua orang, apalagi kalau hal tersebut terlihat sulit. Akan tetapi, bagi kita yang menyukai tantangan baru, mencoba hal baru akan sangat terasa seru dan akan memacu adrenalin kita karena belum pernah melakukan hal tersbut sebelumnya. Mencoba hal baru sebenarnya bukan melullu soal sulit atau mudah, tapi bisa saja kita melakukan hal tersebut karena penasaran dan rasa keingin tahuan yang besar. Melakukan hal yang baru juga gak harus yang memacu adrenalin, tapi bisa juga dengan hal yang berhubungan dengan misi jangka panjang yang sudah kita buat sebagai inovasi dalam pengembangan.