Indonesia adalah surga; itulah frasa yang paling pas untuk mendeskripsikan Negara tercinta kita ini. Memang tidak ada habisnya kalau bumi pertiwi ini menjadi bahan pembicaraan karena kekayaan yang tidak ternilai dan seolah tidak ada habisnya. Bukan hanya kekayaan yang dikandung di dalam bumi, tapi kekayaan yang ada di permukaan ini juga tidak terhitung jumlahnya; mulai dari kekayaan alam yang indah bak di surga firdaus, hingga kekayaan budaya yang dimiliki. Selain itu, kekayaan kuliner juga tidak ada habisnya jika kita ingin mencicipinya dari sabang sampai merauke; mulai dari makanan tradisional sampai makanan olahan modern. Saking beragamnya dan rasanya yang lezar tiada duanya, makanan khas Indonesia juga ternyata banyak yang mendunia dan digemari di luar negeri. Bahkan, beberapa makanan masuk dalam kategori makanan terlezat di dunia. Selain itu, beberapa makanan juga harganya selangit jika dijual di luar negeri, padahal di sini hargnya relative murah. Apa saja sih makanan khas Indonesia yang sudah mendunia?

Rendang

Makanan khas Indonesia asal tanah minang ini memang terkenal sangat lezat dan nikmat seantreo nusantara. Olahan daging yang dibumbui dengan berbagai macam rempah ini sangat menggoda mata bila dipandang, dan sangat memanjakan lidah bila dicicipi. Rendang merupakan makanan tradisional yang sudah mendunia dan menjadi banyak favorit turis luar yang berkunjung ke Indonesia. Selain itu, saking lezatnya, rendang sudah diakui oleh dunia dengan menempatkannya sebagai jawara alias nomor satu di dunia versi CNN internasional pada 2011. Wah banggao donk kita sebagai orang Indonesia yang juga kaya akan rempah – rempahnya mempunyai rendang yang ternyata menjadi makanan paling lezat di dunia, mengalahkan makanan mahal dari luar negeri seperti pizza, humberger, sushi, dll.

Bakso

Orang luar juga biasa menyebutnya meatball, tapi sebenarnya bakso ya bakso aja guys bukan bola daging seperti yang mereka bilang karena nama tidak bisa bisa dialih bahasakan, termasuk nama makanan. Meskipun memang didominasi oleh daging sebagai bahan dasarnya, tapi makanan khas Indonesia ini sangat berbeda dengan yang mereka sebut meatball itu. Yak benar, apa lagi yang membedakannya kalau bukan cita rasa yang diberikan oleh bakso ini. Dengan kekayaan rempah yang kita miliki, tentunya bakso yang kita punya ini akan sangat tasty banget karena kuahnya yang berbahan dasar rempah asli Indonesia. Terlebih lagi, makanan tradisional Indonesia ini juga banyak macam variannya karena memang bahan baku yang melimpah di Indonesia; ada bakso dengan varian pangsit, ada juga dengan gorengan, tahu, dll. Selain itu, ada juga bermacam – macam varian isi dan bahan baku bakso sehingaa mempunyai nama tersendiri, seperti bakso kepala sapi, bakso puyuh, bakso halus dan kasar, dll. Biasanya, bakso ini laris manis pas musim hujan karena ya memang kuahnya yang panas itu enak banget kalau dinikmati selagi cuaca dingin atau saat hujan turun. Maknyus!

Soto

Sama seperti bakso, soto ini juga mempunyai banyak varian karena bahan dasarnya juga bermacam – macam, apa lagi varian bumbunya yang dilengkapi dengan rempah – rempah gurih asal ibu pertiwi. Ada soto ayam, soto daging, soto jeroan, soto kudus, soto babat, dll. Setiap daerah mempunyai ciri khas tersendiri dengan sotonya, seperti di Makassar yang dinamai coto Makassar. Dengan kuah yang kental dan aroma yang semerbak, soto telah menjadi salah satu makanan favorit masyarakat jepang. Terbukti ketika para pelajar asal Indonesia mengadakan pameran kuliner di jepang, soto ini laku keras karena mereka suka banget lho. Terbukti nih makanan khas Indonesia ini sudah mendunia dan disukai oleh orang luar negeri. Bangga!

Gado – Gado

Dijiluki dengan salad asli Indonesia karena bahan bakunya didominasi oleh sayuran; gado – gado ada di setiap sudut kota di seluruh penjuru nusantara. Sesuai dengan namanya, gado – gado ini mempunyai banyak sekali bahan dasar untuk membuatnya, mulai dari wortel, tauge, tomat, tempe, kacang panjang, telur, dll. Selain itu, bumbu dari gado – gado ini juga bahan dasarnya cukup banyak guys. Yang pasti, makanan tradisional Indonesia ini sangat gurih dan lezat di lidah. Terbukti saat pameran makanan di italia, gado – gado menjadi numero uno dalam berbagai segi penilaian seperti keunikan bahan makanan, keindahan desain makanan, dan juga yang pasti cita rasa yang dihasilkan oleh makanan khas Indonesia ini. Bangga banget nih gado – gado menjadi campione di negeri orang.

Tempe

Jujur deh pasti hampir semua orang yang baca artikel ini pasti suka sama yang namanya tempe. Bahkan, banyak orang yang tiap hari gak kerasa makan kalau gak ada tempe di atas nasinya, seperti penyanyi terkenal asal Indonesia yang juga mantan vokalis dari band legendaris dewa 19, ari lasso. Tempe memang makanan tradisional yang sangat unik. Bagaimana tidak, cara membuatnya sangatlah sederahana yaitu kedelai yang difermentasi dengan ragi. Akan tetapi, tempe bisa dimasukkan ke dalam olahan makanan apa pun, dan anehnya cocok dan rasanya tetap nikmat. Bahkan, makanan khas Indonesia satu ini tidak perlu digoreng untuk bisa dimakan karena ketika jadi itu sudah dalam kategori matang dan bisa langsung dikonsumsi. Tidak hanya di Indonesia, tempe menjadi salah satu makanan favorit orang jepang lho. Selain di jepang, tempe juga banyak dijual di pasar tradisional di Taiwan. Di Indonesia sendiri, tempe menjadi juara di rumah sendiri karena sepertinya hampir setiap warung makan di Indonesia menyertakan tempe di dalam menunya. Sok tempe loe! heuheu

Nasi Goreng

Awalnya heran aja siapa sih yang bikin ide buat nasi goreng ini? Wong nasi sudah matang kok kemudian digoreng. Tapi gak usah ambil pusing deh, mending langsung dinikmatin aja kalau udah jadi. Nasi goreng di Indonesia mungkin ada puluhan hingga ratusan variannya karena memang banyak banget bentuk olahan nasi goreng ini. Di satu kota aja bisa – bisa ada 10 sampai 20 varian nasi goreng yang bisa ditemui; nggak kebayang kan berapa varian yang ada di Indonesia dari ujung timur sampai ujung barat? Makanan khas Indonesia ini juga ternyata sudah mendunia, dan terbukti pada world expo shanghai di china pada tahun 2010, nasi goreng yang ikut andil di dalamnya terjual hingga 700 porsi! Wah ternyata orang china banyak yang suka nasi goreng juga ya. Eits tunggu dulu, bukan Cuma orang china yang suka nasi goreng, nyatanya banyak turis asing yang datang ke Indonesia juga memilih nasi goreng sebagai makanannya karena memang mereka bilang itu adalah makanan yang sangat enak. Yang lebih hebat lagi, mantan presiden amerika yang juga pernah tinggal di Indonesia semasa kecilnya, barrack obama, menjadikan nasi goreng sebagai makanan favoritnya di Indonesia. Hail nasi goreng!

Sate

Kalau yang ini gak perlu ditanya betapa lezatnya makanan khas Indonesia yang satu ini. Dari kejauhan saja sudah bisa membuat nafsu makan menjadi – jadi karena asapnya yang sangat sedap dan menggoda. Seperti makanan tradisional di Indonesia kebanyakan, satu juga mempunyai banyak varian, mulai dari sate ayam, sate kambing, sate bekicot, sate kerang, sate keong sawah, dll. Akan tetapi, sate ayam dan kambing memang menjadi favorit di antara yang lain. Kalau rendang menjadi ranking satu sebagai makanan paling lezat di dunia, sate menempati urutan tiga sebagai makanan terlezat di planet ini. Makanan tradisional yang satu ini memang menjadi menu favorit banyak orang karena memang baunya yang khas dan sedap banget. Kalau biasanya asap itu menimbulkan penyakit ISPA dan tidak baik untuk kesehatan, lain halnya dengan asap yang berasal dari sate yang sedang dibakar, semua orang bahkan berlomba untuk menghirup aroma sedap khas sate ini. Dari pada hisap rokok, mending makan sate kali yak. Hehe.