Menjalani hari produktif adalah impian semua orang dimana kita menjalani menjalani aktivitas yang berguna setidaknya bagi diri sendiri. Akan tetapi, terkadang rasa malas menghambat segalanya dan akhirnya merusak hari kita dimana kita seharusnya produktif menjadi sangat pasif. Dan ya, biasanya rasa malas alias mager akan berhasil membuat kita menyesal untuk menunda pekerjaan yang harusnya bisa kita selesaikan dengan cepat. Lalu bagaimana solusinya? Tips berikut mungkin berguna buat kamu yang suka mager.

  • Tentukan tujuan awal

Kamu gak akan bisa menjalankan produktvitasmu dengan baik kalau belum menentukan tujuan awal kenapa kamu harus melakukan kegiatan atau pekerjaan tertentu. Tujuan itu penting, tapi ia hanyalah sebuah pengingat buat kamu yang suka lupa kalau pas mager buat ngapa – ngapain. Ada yang lebih penting dari tujuan yaitu bagaimana dan kapan kamu akan memulainya untuk mencapai tujuanmu itu. Sekedar catatan saja, menunda dan kebanyakan mikir mau mulai dari mana dan kapan hanya akan memperpanjang masa penantianmu untuk mencapai apa yang ingin kamu tuju. So, mari kita mulai sekarang juga.

  • Fokus pada tujuan atau goal tersebut

Setelah menentukan tujuan apa yang ingin kamu capai dan sesegera mungkin memulainya, jangan lupa untuk fokus pada golmu. Salah fokus akan menyebabkan kehamilan, serangan jantung, stroke, gangguan kehamilan, dan kematian; eh maksudnya menyebabkan terhambatnya kamu untuk mencapai golmu bahkan sering kali gagal mencapai tujuan dalam banyak kasus. Emang sih gak mudah buat menghindari distraksi dari luar terutama dari orang – orang di sekitar kita, tapi kan seenggaknya kamu bisa anggap gangguan – gangguan itu adalah hal yang wajar dan bukan jadi alasan untuk melupakan tujuanmu memulai itu semua.

  • Sekali lagi, Buat skala prioritas!

Ini hanya keberlanjutan kalo kamu susah fokus pada gol yang kamu tuju, salah prioritas. Kok bisa? Bisa jadi pada awal perencanaan untuk mencapai golmu kamu terlalu banyak atau terlalu rumit memetakan jalan menuju gol akhir. Seharusnya sederhana aja sih buat skala prioritas itu, intinya kamu harus bisa bedain mana yang paling mendukung perkembanganmu dan mana yang gak penting – penting amat; dengan kata lain kalo kamu gak ngelakuin hal tersebut gak aka nada dampak atau dampaknya kecil pada golmu, ya udah sih coret aja dari daftar menu, eh list skala prioritas maksudnya.

  • Istirahat yang cukup

Nah ini dia juga yang gak kalah penting dari hal – hal teknis yang udah disebutin di atas, tidur yang cukup! Percuma kalo kamu ingin mempercepat proses dan kejar target sebesar mungkin; kalo kamu kurang istirahat dan terus memforsir tubuhmu untuk bekerja, kamu gak akan dapetin hasil yang maksimal. Penelitian menunjukkan produktivitas itu sangat dipengaruhi oleh fokus, dan istirahat yang cukup bisa menjaga fokusmu agar tetap bekerja dengan baik. Takut ketinggalan kereta? Selow aja bosku, dunia gak akan kiamat besok kok. Kamu perlu mengatur ritme permainan, gak bisa terus terusan agresif kayak lagi di medan perang. Seperti sebuah simfoni, ada ritme naik-turun dan cepat-pelan, tapi itu yang membuatnya jadi indah.

  • Paksa dirimu

Kalo udah santai jangan kelewatan ya bro sis, mentang – mentang santai sampai lupa kalo kamu sebenernya punya tujuan yang ingin dicapai. Seperti yang udah diuraikan di atas, ada waktunya buat santai ada juga waktu buat bekerja. Nah biasanya nih kalo habis santai pada males balik ke rutinitas harian. Catatan yang gak kalah penting adalah terkadang kamu harus memaksa dirimu meskipun dalam keadaan males banget apalagi mager. Buat aja motivasi buat diri kamu sendiri kalo kamu gak lakuin apa yang harusnya kamu lakuin, kamu gak akan dapat apa – apa ke depannya. Tetap termotivasi untuk melakukan pekerjaan yang sudah dibuat timeline-nya. Dan selalu jangan lupa akan mimpi dan harapanmu; tujuanmu rela melakukan semua ini.

Gimana? Mau ngapain hari ini?. Terima Kasih telah membaca, semoga hari anda menyenangkan.