Film animasi memang selalu mempunyai sisi menarik untuk ditonton, dan tidak heran banyak orang yang sangat menyukai film animasi sebagai salah satu pilihan ketika ingin melihat film yang seru dan menghibur. Bahkan, film animasi kini sudah menjadi budaya populer bukan hanya di kalangan anak – anak, melainkan juga orang dewasa karena alur film dan kualitas visualnya yang memang bisa dikonsumsi oleh berbagai kalangan mulai dari anak – anak sampai orang dewasa. Film animasi sendiri sudah berkembang sangat pesat di era digital ini dimana kualitas baik audio dan visualnya sudah jauh lebih bagus. Tidak hanya itu, alur cerita yang disuguhkan juga menarik dan beragam, dan biasanya inilah yang menjadi sebab mengapa orang dewasa juga menyukai film animasi; dibanding dengan anak – anak yang hanya melihat kualitas visualnya dan adegan yang seru menurut mereka.

Dalam industri sendiri, film animasi sudah menjadi komoditi yang sangat bagus dan menguntungkan untuk para rumah produksi. Oleh karena itu, film animasi juga mendapatkan perhatian lebih dari kalangan pengamat film. Bahkan, beberap film animasi terbaik mendapatkan penghargaan di bidang perfilman untuk kategori tertentu sebagai simbol bahwa film animasi sekarang juga tidak kalah dengan film yang tokohnya diperankan oleh manusia. Lalu, film apa saja yang masuk dalam kategori film animasi terbaik sepanjang masa?

Ice Age series

Film yang berlatar jaman es ini menceritakan perjuangan para hewan yang hidup pada jaman tersebut untuk bertahan hidup di saat bumi sebagian besar masih ditutupi lapisan es yang sangat tebal. Dalam film ini, banyak karakter hewan pra sejarah yang dimunculkan, tetapi hanya beberapa saja karakter utama yang kerap muncul dalam waralaba ice age ini, seperti mammoth, sloth, dan harimau bertaring panjang. Ice age sendiri memiliki 5 seri film hinggan saat ini dimana seri pertama dari waralaba ini yang berjudul ice age rilis pada tahun 2002 silam. Sukses dengan film pertama, sang produser membuat sekuel yang berjudul ice age: the meltdown pada 2006 yang menceritakan tentang proses melelehnya es di permukaan bumi. Selanjutnya pada tanggal 1 juli 2009, seri ketiga dari waralaba ice age ini kembali masuk bioskop dengan judul ice age: dawn of the dinosaurs. Setelah sukses kembali pada seri ketiga, ice age: continental drift dirilis pada tahun 2012 untuk menandai kesuksesan yang keempat dalam seri film ice age ini. Lebih lanjut, film kartun terbaru dari waralaba ini hadir pada 2016 lalu dengan judul ice age: collision course. Ice age menjadi salah satu film animasi terbaik dan tersukses sampai saat ini, dan hal ini dibuktikan dengan pembuatan sekuelnya yang telah mencapai 4 sekuel atau sebanyak 5 film. Akankah ada seri ke 6 untuk film ini? Kita tunggu aja sambil maraton kelima seri yang sudah dirilis tersebut.

Despicable Me series

Kamu tau minions? Kalau gak tau kebangetan deh, dan gak mungkin juga sih gak tau karena karakter minions sudah sangat terkenal layaknya tom & jerry. Dalam film despicable me ini, minions sebenarnya bukan pemeran utamanya, tapi banyak disukai orang karena bentuknya yang imut dan lucu serta tingkahnya yang kadang menggemaskan. Despicable me sendiri merupakan film animasi terbaik yang telah meraup keuntungan ratusan juta dolar amerika berkat trilogi filmya yang dibuat sejak tahun 2010 silam. Film pertama yang berjudul despicable me dirilis pada tahun 2010, dan despicable me 2 pada tahun 2013, serta film kartun terbaru dari trilogi ini yang berjudul despicable me 3 rilis pada tahun 2017 silam. Sama seperti film kartun pada umumnya, despicable me meghadirkan adegan – adegan seru yang didominasi oleh tingkah jenaka para tokoh filmya. Alur ceritanya sendiri juga gak masuk akal dimana penjahat –yang menjadi tokoh utama- dalam film ini berlomba – lomba untuk mencuri benda – benda yang tidak masuk akal seperti piramida dan bulan. Akan tetapi, justru hal tersebutlah yang membuat penonton penasaran dan terhibur ketika melihat film ini. Selain itu, film despicable me ini juga membuat seri prekuel yang menjadikan minions sebagai tokoh utamanya. Film pertamanya yang berjudul minion telah dirilis pada tahun 2015, sementara sekuelnya yang berjudul minioin: the rise of gru baru tayang pada 2020. Hayo siapa yang gak sabar nonton film kartun terbaru dari seri minion ini?

Toy Story series

Salah satu film animasi terbaik yang telah mendapatkan beberapa penghargaan ini juga tidak kalah seru dan menarik dibanding dengan film kartun terbaru saat ini. Toy story adalah salah satu film animasi yang masih bertahan di era digital ini. Film yang menceritakan tentang mainan milik andy yang hidup ini juga sukses membuat beberapa sekuel yang semuanya diterima oleh khalayak. Film pertama toy story rilis pada tahun 1995 silam; toy story 2 rilis pada tahun 1999; toy story 3 rilis 11 tahun setelahnya yaitu pada tahun 2010; dan pada tahun 2019 film kartun terbaru dari waralaba toy story yang berjudul toy story 4 dirilis. Film ini sangat menarik untuk ditonton karena alur cerita yang tidak biasa dimana tokoh utamanya adalah barang milik manusia yang ternyata hidup dan bisa berinteraksi dengan sesame mainan seperti layaknya manusia. Tidak hanya itu, para mainan ini juga punya kehidupan seperti manusia yang mempunyai masalah kehidupan yang bermacam – macam. Intinya, film ini menyuguhkan cerita dimana kehidupan manusia itu adalah kehidupan sekunder dan kehidupan mainan adalah yang pimer. Seru, bukan?

Up

Pernahkah kalian membayangkan rumah terbang dengan bantuan balon? Di film up ini, hal itu adalah sebuah fakta karena hal itu memang ada di salah satu adegan penting dalam film ini. Up yang rilis pada tahun 2009 lalu menjadi salah satu film terbaik sepanjang masa berkat beberapa penghargaan yang telah diraihnya. Selain itu, film ini juga telah mendapatkan penilaian yang positif dari banyak kritikus film ketika film ini baru tayang di bioskop, bahkan nilainya bisa dibilang hampir sempurna. Selain itu, film yang bertema tentang petualangan ini juga berhasil meraih profit hingga ratusan jutaan dollar amerika hanya dari satu seri film saja, tanpa membuat sekuel atau pun waralaba. Up bercerita tentang petualangan seorang kakek dengan bocah pramuka yang tidak mempunyai hubungan apa pun sebelumnya. Selain seru, film ini juga sangat mengharukan untuk ditonton karena banyak menyuguhkan agedan yang di luar nalar tapi tetap membuat kita berdecak kagum jika melihatnya. Terlebih lagi, ending dari film ini yang membahagiakan dan mengharukan bagi tokoh utamanya.

Selain empat film di atas, ada juga beberapa film animasi terbaik yang wajib untuk ditonton seperti Frozen, How to train your dragon, Inside out, Coco, Cars, Finding nemo, dan The lion king. Film – film tersebut juga tidak kalah seru dengan empat film yang sudah ditinjau di atas karena juga telah mendapatkan banyak penghargaan dari beberapa ajang penghargaan bergengsi tingkat dunia. Selain itu, film – film animasi tersebut juga telah menyita perhatian banyak pasang mata di seluruh dunia dan juga sukses untuk mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit dari penjualan tiket bioskop mau pun penjulan – penjualan lainnya yang bersifat komersil.

Dari pada bosen, mending nonton film animasi aja.