Bahagia adalah tujuan hidup terbesar yang dibutuhkan oleh setiap manusia. Bagaimana pun bentuknya, kebahagiaan tetap dan akan sampai kapan pun akan menjadi tujuan akhir dari kehidupan. Akan tetapi, banyak yang menyalah artikan dari bahagia itu sendiri. Ada yang menganggap bahagia adalah jika menjadi kaya secara materi, namun ada pula yang sudah bahagia dengan kecukupan materi yang dimiliki. Ada juga yang menganggap bahagia jika berhasil meraih mimpi, menjadi terkenal, menyelesaikan misi, atau bahkan ada beberapa orang tidak membutuhkan syarat apa pun untuk bahagia. Lalu bagaimana cara mendapatkan kebahagiaan yang sejati dan tidak mengikuti standar kebahagiaan orang lain?

  • Kenali diri sendiri

Siapa sih kita ini? Apa sih yang kita inginkan di dunia ini? Apa pentingnya sih hidup ini? Biasanya pertanyaan – pertanyaan itu muncul dalam benak ketika kita berusaha untuk mengenali diri. Setelah berproses, secara perlahan kita akan tahu tentang diri kita sendiri. Semua memang butuh waktu, yang penting tidak sampai kehilangan control dan tetap merdeka menjadi diri sendir tanpa mudah terseret arus yang sangat deras sekali pun.

  • Bahagia itu sederhana

Coba deh sesekali kita merenung dan berpikir, bukankah hal – hal besar dan penting dalam hidup kita itu didapatkan dengan cara yang sangat mudah dan gratis? Sebut saja, tersenyum, melihat keindahan alam, bernafas, berjalan, dan masih banyak lagi yang mungkin kita tidak bisa menghitungya. Logikanya sederahana saja, kalau hal – hal yang kita anggap sepele udah bikin kita bahagia mengapa mengejar hal sulit yang belum tentu bisa membahagiakan kita nantinya. Rasa iri itu wajar ketika melihat orang lain seakan – akan lebih bahagia dari kita. Tapi pernahkah kita berpikir bahwa itu hanya asumsi sangat mendasar yang kita buat untuk sesuatu yang sebenarnya belum tentu kebenarannya?

  • Slow bro sis

Gak perlu buru – buru gaes, semua itu ada waktunya dan pasti semuanya juga akan terjadi di waktu yang sangat tepat, gak telat dan juga gak telalu cepet. Hal yang paling baik adalah hal yang sesuai ketentuan, dan percayalah semua sudah ada yang ngatur. Kalau apa yang kita pengen belum kesampaian, bukan berarti kita gak bisa bahagia kan? Jangan – jangan setelah kesampaian kita malah merasa biasa saja. Hayo siapa yang biasanya merasa kayak gitu?

  • Hobi

Ya namanya juga hobi, pasti sesuatu yang disukai donk. Idelanya, jika kita melakukan hal kita sukai kita akan merasa bahagaia, bukan? Udah deh dari pada galau karena lihat postingan instagram temen yang hype dan mesra sama pacarnya, mending jalanin hobi deh. Selain lebih menyenangkan, itu juga akan mengasah kemampuan kita juga kan? Siapa tahu dengan hobi yang kita punya ini nantinya akan membuat kita lebih bahagia. Who knows?

  • Live!

Hidup dengan cara kita sendiri memang beda rasanya ketika harus hidup dengan selalu menuruti tren yang diikuti oleh banyak orang, dan parahnya lagi takut dibilang nggak trendy karena gak ngikutin tren. Hey, who cares? Ini hidup kita sendiri kan? Siapa yang akan bertanggung jawab sama diri kita sendiri? Bukankah kita sekarang udah merdeka dari penjajahan ya? Ya udah hidup merdeka aja ngapain dengerin orang lain. Tapi ada yang perlu diperhatikan, semua boleh dilakukan asal gak melanggar aturan yang berlaku ya.

Jadi, kapan nih hari bahagia itu datang? Eh maksudnya apa ya? Udah jangan dipikirin, senyum aja dulu.