Menjadi seorang mahasiswa adalah suatu fase dimana kita mempunyai peluang terbesar dalam hidup kita untuk mengembangkan potensi yang kita punya. Banyak tipe mahasiswa yang kita temui sehari – hari di kampus. Ada yang suka berorganisasi, ada yang sifatnya study oriented, ada yang sukanya cuma hura – hura & jalan – jalan, ada pula yang mencoba tantangan mengatur waktu dan profesionalitas mereka dengan bekerja sembari kuliah.

Sebenarnya, semua adalah pilihan pribadi si mahasiswa dan gak ada yang salah bila dilakukan secara proporsional, termasuk mereka yang berani untuk mengambil kerja sambilan sembari menjalani kuliah di hari efektif kerja. Sebenarnya, tidak ada yang sulit bila kita menjalani dengan seimbang dan tidak menganak tirikan salah satu dari kuliah atau kerja. Dengan kuliah dan juga bekerja, tentunya banyak resiko yang harus di hadapi, seperti focus terpecah, tenaga akan lebih terkuras, dll. Akan tetapi, banyak juga keuntungan yang bisa di dapat, pengalaman dan relasi tentunya, dan juga masih banyak keuntungan yang lain seperti uang jajan tambahan dan implementasi skill.

Membahas tentang kerja sambilan yang bisa dilakukan di sela – sela waktu kuliah, ada banyak sekali kesempatan dan peluang kerja yang bisa mahasiswa dapatkan bila mereka berniat untuk demikian. Mereka bisa mengambil pekerjaan sebagai freelance dengan waktu yang fleksibel seperti jasa programming atau pembuatan website, jasa desain grafis bagi yang mempunyai kemampuan desain tentunya, menjadi translator, dll. Selain jasa, mahasiswa jg bisa bekerja dengan menjual berbagai produk dengan media daring untuk menambah kemampuan berwirausahanya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga bekerja paruh waktu sebagai penulis, pelayan kafe atau restoran, atau bahkan guru les anak sekolah untuk mereka yang suka dengan anak – anak dan memiliki passion dalam mengajar. Intinya, semua bisa dilakukan dengan manajemen waktu yang tepat dan harus disiplin agar tidak terlalu banyak yang dikorbankan.