Keanu reeves adalah seorang john wick itu sendiri, dan dua identitas tersebut memang sudah melekat dan tidak mungkin dipisahkan. Ya, bagaimana mungkin kita membicarakan seorang Keanu reeves kalau tidak membicarakan identitas lainnya yaitu jonathan wick? Meskipun Keanu adalah identitas asli dan jonathan hanyalah sebatas karakter yang diperankan dalama film, akan tetapi john wick banyak menggambarkan bagaimana seorang Keanu reeves aslinya di dunia nyata. Tentu saja bukan soal perannya yang merupakan seorang asasin yang rela membunuh siapa saja demi sebuah kontrak, atau bahkan hanya demi membalaskan dendamnya kepada orang yang telah berbuat buruk kepadanya. Bukan, Keanu reeves adalah orang yang sangat baik hati. Dan untuk konteks yang satu ini dua identitas ini memang sangat bertoalk belakang. Tapi, ada beberapa hal atau karakter yang memang sama – sama dimiliki oleh Keanu dan wick ini, dank arena itulah alasan mengapa Keanu reeves adalah wujud nyata dari peran seorang john wick yang dimainkannya dalam film.

Kisah Tragis Hidupnya

Source: Jason Merritt/TERM/Getty Images https://www.glamour.com/story/keanu-reeves-ode

Saat film john wick yang pertama rilis, dikisahkan bahwa jonathan saat itu baru saja pensiun menjadi seorang hitman dan memutuskan menjalani hidup normal dengan menikahi seorang gadis yang dicintainya, Helen. Akan tetapi, kehidupan normal john wick hanya berlangsung selama kurang lebih 5 tahun saja karena Helen kemudian meninggal karena suatu penyakit. Hal itu membuat jonathan sangat sedih dan depresi karena kehilangan satu – satunya orang yang sangat berarti bagi dirinya. Dari plot awal cerita dari film ini, tentu saja keanu sangat familiar dan sangat akarab dengan insiden yang sangat tragis dalam hidupnya. Bagaimana tidak, hal tersebut mengingatkan dirinya akan kejadian belasan tahun yang lalu yang pernah menimpa dirinya di kehidupan nyata. Dalam kehidupan nyatanya, keanu juga telah kehilangan tunangannya yang bernama Jennifer syme akibat kecelakaan tragis yang dialaminya. Lebih menyedihkan lagi, beberapa minggu sebelumnya ia juga kehilangan calon bayi yang dikandung oleh Jennifer di usianya yang menginjak kurang lebih 8 bulan. Setelah kehilangan calon bayi, baik syme dan reeves sama – sama merasakan kesedihan yang mendalam dan memutuskan untuk berpisah meskipun tetap berhubungan baik setelah perpisahan itu. Nahas bagi keanu, setelah ditinggal calon bayinya, ia juga harus kehilangan orang yang dicintainya untuk selam – lamanya. Bahkan ia dikabarkan mengalami depresi setelah insiden tersebut, akan tetapi ia terus melanjutkan hidup dengan seorang diri dan bahkan menjadi pribadi yang lebih baik. Hampir tidak ada pemberitaan yang mengarah kepada keburukan dirinya di Hollywood.

Penuh Dedikasi

Keanu Reeves Gun Handling Training Source: https://www.businessinsider.com/watch-a-navy-seal-vet-train-keanu-reeves-for-john-wick-3-2019-4?IR=T

Kehilangan sesuatu yang berharga dalam hidupnya tidak lantas membuat seorang keanu reeves menyerah pada hidup dan frustrasi kepada kehidupan. Keanu reeves adalah orang yang mempunyai dedikasi yang sangat kuat; sama seperti karakter yang dimiliki john wick dalam film. Dalam film yang sampai saat ini memiliki tiga sekuel ini, jonathan digambarkan sebagai seorang yang penuh dedikasi kepada apa yang diyakininya. Ia akan melakukan apa pun untuk mendapatkan apa yang seharusnya menjadi haknya, apa pun resikonya. Hal itu terlihat dalam adegan ketika anjing kesayangan peninggalan istrinya dibunuh oleh kelompok ganster yang juga mencuri mobil tua miliknya. Tanpa banyak basa basi, ia kemudian memburu kelompok gangster tersebut dan membunuh semua orang yang terlibat mau pun ikut campur dalam urusannya, termasuk keluarga si pemimpin gangster tersbut yang merupakan seorang mafia. Hal ini sangatlah mirip dengan karakter asli seorang keanu reeves yang penuh dedikasi dalam berkarir. Ia adalah orang selalu seratus persen dalam hidupnya, bukan hanya dalam peran dalam memainkan sebuah karakter dalam film. Ia bahkan pernah diberitakan memberikan dana sebanyak kurnag lebih 80 juta dollar kepada para kru the matrix untuk kebutuhan pembuatan film. Selain itu, ia juga mendedikasikan hidupnya untuk kebahagiaan orang lain setelah ia merasakan kesedihan yang mendalam pada masa lampau –yang mungkin ia rasakan seumur hidupnya- dengan menanggung seluruh biaya hidup keluarganya, khususnya untuk adik perempuannya yang mengidap leukemia. Selain itu, ia juga banyak membantu anak – anak pengidap kanker dengan menysihkan sebagian besar uangnya untuk mendirikan yayasan kanker. Jika dalam film dedikasinya adalah demi mendapatkan haknya, dalam kehidupan nyata dedikasinya adalah memberikan haknya untuk orang lain.

Kehidupan yang Sederhana

Source: https://www.dontpayfull.com/blog/the-modest-life-of-keanu-reeves

Mungkin banyak dari kira yang tahu bahwa keanu reeves adalah orang sangat sederhana untuk ukuran seorang bintang film Hollywood. Bagaimana tidak, di kehidupan nyatanya ia tidak pernah mempunyai gaya hidup seperti selebritis Hollywood pada umumnya, dan bahkan ia mempunyai gaya hidup hanya seperti orang kelas menengah di amerika. Keanu hanya mempunyai tempat tinggal sederhana yang ia tempati sendiri yang berbentuk seperti apartemen sederhana. Selain itu, ia juga sering tertangkap kamera makan di pinggiran jalan dan asyik mengobrol dan membaur dengan orang – orang di sekitarnya seolah – olah ia bukan siapa – siapa. Hal tersebut bukanlah karakter umum dari seorang selebriti terkenal di Hollywood yang biasnya mempunyai kehidupan yang eksklusif. Gaya hidup sederhananya juga tidak luput dari pantauan kamera wartawan maupun orang – orang yang beretemu dengannya saat ia tertangkap kamera sering menggunakan kendaraan umum untuk bepergian. Bahkan ia sering kali menggunakan kereta dan rela berdesakan untuk pergi ke tempat kerjanya. Setali tiga uang dengan karakter yang dimiliki john wick dalam film yang hanya hidup bersama anjing pintarnya dan rumah sederhana. Satu hal lagi yang menarik dari keduanya, no woman no problem.

Baik Hati

Keanu Reeves and Winona Ryder Source: Kevin Winter/Getty Images https://www.vanityfair.com/hollywood/2018/08/keanu-reeves-winona-ryder-destination-wedding-movie-interview

Dalam film terbarunya, john wick menjadi buronan orang di seluruh dunia karena telah melanggar peraturan di wilayah continental. Dalam suatu adegan yang beradu acting dengan aktor Indonesia, kang cecep dan kang yayan, mereka terlibat baku hantam dalam wilayah continental karena cecep dan yayan juga ikut memburu john wick karena ditugaskan oleh the table. Akan tetapi, jonathan tidak sampai membunuh keduanya karena ia tahu keduanya sudah tidak berdaya untuk bertarung lagi, bahkan john wick mengucpkan “sampai jumpa” dalam bahasa Indonesia kepada keduanya setelah pertarungan sengit itu. Selain itu, ia juga tidak membunuh sahabatnya yang juga pemilik hotel continental, Winston, meskipun ia sudah berjanji kepada the table untuk membunuhnya supaya status buronannya dicabut. Ia lebih memilih mengkhianati the table dibandingkan harus membunuh orang yang sudah banyak berjasa kepadanya. Karakter john wick yang satu ini juga tidak jauh berbeda dengan keanu reeves di kehidupan nyata. Banyak info yang beredar dengan bukti otentik bahwa ia adalah salah satu manusia terbaik di muka bumi ini dalam bersikap. Dia sering tertangkap kamera membelikan makan orang yang membutuhkan, bahkan jika ia tidak kenal orang itu sekali pun. Selain itu, Ia juga sering memberikan hadiah bagi kru filmya secara Cuma – cuma. Pernah satu waktu dia memberikan motor Harley-davidson untuk para krunya karena menurutnya kerja para kru tersebut luar biasa dan patut diapresiasi. Tidak hanya itu, ia bahkan pernah tertangkap kamera seorang penumpang kereta ketika dia rela mempersilahkan duduk seorang wanita sedangkan dia sendiri rela berdiri. What a man!