Namanya juga hidup, akan ada saat dimana kita sampai pada titik kita merasa bosan, jenuh, dan gini – gini aja. Selain itu, biasanya yang mempunyai permasalahan tentang beratnya kehidupan adalah kita yang juga sedang berjuang untuk kebaikan masa depan dan berusaha meraih mimpi yang selama ini kita bangun dengan megah dalam imajinasi. Hidup sendiri adalah hal yang sangat dinamis dan abstrak, kadang ada hal yang buat kita seneng, tapi gak jarang juga buat kita kesel sepanjang hari. Dengan dinamika naik dan turunnya gairah dalam menjalani hidup, terutama dalam berkarir, kita dituntut untuk selalu termotaivasi untuk melakukan yang terbaik agar kita tidak mudah tersisih dari persaingan dan selalu menjadi yang terbaik. Meskipun hal itu juga terkadang melelahkan,tapi mau gak mau harus kita lakukan setiap hari bahkan setiap waktu jika kita ingin meraih mimpi yang sudah kita dambakan sejak lama. Nah supaya semangatnya nambah, simak kata – kata motivasi dari tokoh terkanl dunia ini yang pastinya bisa dijadikan inspirasi untuk kita semua.

Source: Lucy Nicholson / Reuters https://www.businessinsider.sg/oprah-winfrey-net-worth-career-2018-8/?r=US&IR=T

Bersyukurlah dengan apa yang kamu miliki, maka kamu akan mendapatkan lebih. Jika kamu hanya fokus pada apa yang tidak kamu miliki, kamu akan berakhir dengan selalu merasa kekurangan.

 (Oprah Winfrey)

Siapa yang tidak kenal dengan oprah winfrey? Wanita dengan segudang prestasi dan penghargaan di dunia pertelevisian ini telah menjadi inspirasi besar bagi banyak orang di dunia, khususnya wanita. Hanya lahir sebagai seorang wanita biasa yang dilahirkan dari keluarga miskin di pedasaan amerika, oprah winfrey telah menunjukkan tanda – tanda suksesnya sejak usia muda dengan menjadi presenter wanita kulit hitam pertama sepanjang sejarah di amerika. Meski kini telah meraih kesuksesan yang luar biasa, pemilik talkshow tersukses sepanjang sejarah pertelevisian –the oprah winfrey show- ini tidak lantas jumawa. Terbukti dengan kata – kata mutiara yang banyak menjadi inspirasi dan teladan bagi banyak orang. Berkaca dari seorang winfrey, bersyukur memanglah menjadikan kita orang yang kaya dalam kehidupan.

Source: https://www.asianage.com/life/more-features/091218/celebrating-charlie-chaplin.html

Tidak ada yang permanen di dunia ini, termasuk masalah yang kita miliki.

(Charlie Chaplin)

Aksi jenakanya memang selalu menghibur pada masanya, dan ia adalah orang yang disukai semua orang karena mampu membahagiakan orang lain dengan acting lucunya. Benar seperti yang Charlie caplin katakan, memang di dunia ini tidak ada yang permanen, termasuk dunia ini sendiri. Terkadang memang kehidupan memaksa kita untuk jatuh dengan berbagai macam problematika yang menerpa. Akan tetapi, adanya masalah seharusnya menjadikan kita lebih hebat karena masalah merupakan tangga menuju level yang lebih tinggi. Nggak usah terlalu stres karena banyak masalah; masalah itu datang dan pergi, dan akan selalu ada di sepanjang hidup. Yang terpenting adalah bagaimana cara kita merespon masalah dan fokus pada solusinya sehingga masalah cepat diselesaikan. Belajar dari Charlie chaplin bahwa memang semua itu relatif terus berubah seperti aksi jenakanya yang selalu menghibur banyak orang, kalau monoton ya pasti bosenin donk.

Source: Sammir Hussein / Getty Images https://www.entrepreneur.com/article/333381

Mustahil hidup tanpa pernah merasakan kegagalan, kecuali kamu terlalu waspada dalam melakukan apa pun sehingga tidak mungkin hidup dengan cara yang seperti itu, dan akhirnya kamu akan gagal karena tidak melakukan apa pun.

(J.K. Rowling)

Apa makna kegagalan buat kamu? Berhenti melakukan atau mencobanya lagi? Yang pasti apa pun itu, kegagalan adalah hal yang sangat biasa dan sangat wajar terjadi saat kita berjuang menuju keberhasilan. Bahkan, kegagalan itu bukan negasi dari keberhasilan, tapi merupakan bagian dari setiap keberhasilan yang akan kita capai nantinya. Waspada itu harus agar terhindar dari kesalahan – kesalahan yang tidak perlu, tetapi terlalu berhati – hati itu juga tidak baik karena hal itu akan mencegah kita untuk mengambil resiko dalam melakukan sesuatu. Padahal, apa pun yang kita lakukan pasti mempunyai resiko, baik besar mau pun kecil. Dan dalam meraih mimpi yang besar, pastinya dibutuhkan pengorbanan dan resiko yang besar juga. Hukum high risk high return akan selalu berlaku. Seperti J.K. rowling sendiri, ia mengambil resiko yang cukup besar dengan menjadi seorang penulis novel, alhasil tidak terhitung berapa kali jumlahnya ia ditolak oleh penerbit buku, sampai akhirnya serial harry potter miliknya mendunia dan menjadikan setiap kata – kata motivasi yang ia ucapkan seolah – olah adalah sesuatu yang magis seperti dalam novelnya.

Source: http://www.wolfgang-amadeus.at/de/index.php

Saya tidak peduli pada pujian dan cacian dari orang lain. Saya hanya melakukan apa yang hati saya katakan.

(Wolfgang Amadeus Mozart)

Komposer terbesar musik klasik ini memang abadi, bukan hanya karyanya, tapi juga namanya. Semua orang akan mengenal Mozart sebagai composer nomor satu dunia sepanjang masa berkat karya – karyanya yang luar biasa dan menjadi kiblat dari semua komposer di seluruh dunia dari dulu hingga sekarang. Di luar kompoisisinya yang magis dengan notasi yang unik, ia ternyata mempunyai kepribadian yang cuek dan bodoh amat dengan omongan orang lain. Kata – kata mutiara yang mungkin menjadi favorit banyak orang tersebut memang sangat menginspirasi bagi semua orang yang ingin berkarya. Terkadang memang omongan orang lain itu hanya perlu kita anggap sebagai angin lalu, dan lebih memilih untuk fokus pada kata hati kita yang biasanya menyuarakan hal benar yang harus kita lakukan.

Source: John Lamparski/gettyimages https://www.businessinsider.com/bill-gates-says-hes-happier-at-age-63-than-25-because-of-4-things-2019-3?IR=T

Tak apa melakukan perayaan atas keberhasilan, tapi lebih penting untuk belajar dari sebuah kegagalan.

(Bill Gates)

Tidak heran jika seorang sekaliber bil gates mengucapkan kata – kata bijak sedemikian rupa. Bercermin dari gaya hidup sederhana yang dimilikinya, ia memang tidak menyukai hal yang glamor padahal ia adalah salah satu orang terkaya di dunia. Seorang inovator memang mempunyai pemikiran yang berbeda, terbukti dia lebih memilih refleksi dari pada perayaan atas keberhasilan sesuatu. Inilah yang harus kita pelajari dari bill gates, jika Charlie chaplin berkata masalah tidaklah permanen, maka yang dimaksud bill gates di sini adalah bahwa keberhasilan juga tidak permanen.

Source: George Hurrel / Disney https://www.nytimes.com/2015/09/12/arts/television/review-pbss-walt-disney-explores-a-complex-legacy.html

Jangan khawatir bila kamu sudah melakukan yang terbaik, khawatirlah bila kamu tidak bisa melakukan lebih baik lagi.

(Walt Disney)

Walt Disney memang seseorang yang visioner, kata – kata motivasi yang keluar dari mulutnya selalu menjadi penyemangat untuk orang yang hampir menyerah dalam menggapai sesuatu. Semasa hidupnya, ia telah melakukan yang terbaik dan lebih baik lagi sehingga melahirkan banyak hal yang bisa kita nikmati sampai hari ini. Dari sini kita bisa belajar bahwa perkembangan itu harus terjadi jika kita ingin maju dan menggapai mimpi – mimpi kita.

Source: Dusan Martincek, National Geographic https://www.usatoday.com/story/life/tv/2017/04/24/albert-einstein-genius-national-geographic/100824198/

Jangan jadi orang sukses, tapi jadilah orang yang bernilai.

(Albert Einstein)

Albert Einstein melarang kita untuk jadi orang yang sukses? Nggak gitu donk maksudnya. Kata – kata motivasi tersebut artinya adalah bahwa seharusnya kita tidak fokus menjadi orang yang sukses karena sukses itu juga maknanya sangat luas sekali. Akan tetapi, ia menghimbau kita untuk menjadi orang yang bernilai untuk orang lain karena menurut Einstein apalah arti sukses jika kita tidak bernilai untuk orang lain. Jika kita berusaha menjadi bernilai untuk orang lain, maka kesuksesan akan datang sendirinya tanpa kita perlu mengejarnya.