Bukan indonesia namanya kalau tidak mengguncang dunia, entah itu dengan leluconnya, berita hebohnya, karya anak bangsanya, hingga putra bangsa yang mampu mengharumkan nama indonesia di kancah dunia. Kali ini yang mengguncang dunia via perfilman Hollywood; bukan hanya satu orang, melainkan empat orang dalam beberapa tahun belakangan. Bahkan aktor – aktor ini bisa dibilang menjadi langganan Hollywood untuk memerankan satu tokoh dalam film, baik dari yang hanya cameo, pemeran pembantu, sampai pemeran utama. Lalu, siapa saja putra bangsa yang sudah melalang buana di Hollywood ini?

Joe Taslim

Joe Taslim Source: https://www.instagram.com/joe_taslim

Aktor ganteng tapi nampak garang ini pasti sudah dikenal oleh semua orang yang menyukai dunia showbiz. Joe taslim sebenarnya adalah seorang atlet judo profesional, bahkan ia merupakan atlit berprestasi yang berhasil menyabet beberapa gelar bergengsi di bidang judo. Ia menjadi atlet sejak tahun 1997 hingga memustuskan pensiun pada tahun 2009. Selama menjadi seorang aatlit, ia berhasil mendapatkan medali emas pada south east judo championship Singapore tahun 1999 dan pekan olahraga nasional tahun 2008. Selain itu, ia juga pernah meraih medali perak pada sea games tahun 2007. Tidak hanya judo, joe taslim merupakan aktor yang menguasai beberapa cabang martial arts seperti wushu, taekwondo, dan pencak silat. Hal inilah yang membawanya acap kali menjadi langganan film laga baik di dalam mau pun di luar negeri.

Film laga pertama joe taslim sekaligus yang memperkenalkannya kepada dunia adalah the raid: redemption yang rilis pada tahun 2011. Di film yang penuh dengan adegan perkelahian sadis ini, ia mendapatkan peran utama sebagai polisi bersama dengan iko uwais. Setelah namanya melambung melalui the raid, joe taslim membuat publik terkejut karena pada 2013 ia bermain dalam film fast and furious 6 bersama aktor kenamaan Hollywood lainnya seperti vin diesel, paul walker, dll. Meskipun memerankan seorang antagonis, ia berhasil memikat jutaan pasang mata di seluruh dunia berkat kemampuan martial art yang ia punyai. Seolah sudah menjadi bintang yang terang, di tahun – tahun berikutnya joe taslim banyak terlibat dalam banyak film laga Hollywood, seperti Star trek beyond (2016), Beyond skyline (2017), dan yang terbaru ia mendapat peran yang identik dengan pertarungan sadis, yakni sub-zero di film reboot Mortal combat yang akan tayang pada 2021.

Iko Uwais

Iko Uwais dalam Wu Assassins Source: https://www.instagram.com/iko.uwais

Suami dari penyanyi audi item ini juga merupakan aktor laga yang banyak memerankan tokoh penting dalam dunia perfilman Hollywood. Iko uwais mengawali karir bermain filmnya dalam film merantau pada tahun 2009. Setelah akting apiknya sudah tidak diragukan lagi, ia kemudian dipanggil bersama joe taslim dan yayan ruhian untuk menjadi aktor utama di film the raid: redemption pada 2011. Setelah sukses dengan film pertama, iko uwais kemudian melanjutkan aktingnya di film lanjutan the raid 2 yang bertajuk berandal sebagai tokoh sentral. Seperti film pertamanya, film kedua the raid ini juga sukses dan mendapat banyak pujian dari dunia. Bukan iko namanya kalau aktingnya bukan main pukul – pukulan. Setelah membintangi dua film the raid, ia memerankan film Hollywood lainnya yaitu man of thai chi (2013 sebelum the raid: berandal), star wars: the force awaken (2016), dan mile 22 (2018)

Cecep Arif Rahman

Cecep Arif Rahman dan Mark Dacascos Source: https://www.instagram.com/ceceparifrahman

Mempunyai darah pencak silat dari kakeknya membuat cecep arif rahman tekun untuk belajar pencak silat sejak muda. Bahkan ia rela berguru ke luar kota untuk belajar pencak silat dan mempelajarinya hingga ia sendiri kini menjadi seorang guru pencak silat. Berkat keahliannya di bidang pencak silat, cecep berhasil menjadi aktor laga dalam beberapa film baik dari dalam sampai luar negeri. Film laga pertamanya yaitu the raid 2: berandal. Dalam film ini, ia berperan menjadi antagonis yang menjadi musuh duel iko uwais. Aksi duel dengan iko di film tersebut sangatlah apik bila dilihat dari sisi seni bela diri, dan kabarnya untuk bagian duel itu saja mereka latihan koreo sampai 3 bulan. Buset! Setelah the raid 2, cecep arif rahman juga ikut berperan dalam film star wars: the force awaken pada 2016, dan yang terbaru ia bersama yayan ruhian terlibat perkelahian sengit dengan Keanu reeves dalam film john wick chapter 3: parabellum.

Yayan Ruhian

Yayan Ruhian Source: https://www.instagram.com/yayanruhian

Pria yang lebih dikenal publik dengan sebutan mad dog (nama perannya di film the raid: redemption) ini memang sangat lekat dengan yang namanya pencak silat. Bagaimana tidak, ia sendiri mulai belajar silat mulai dari usia 13 tahun, hingga sekarang ia menjadi guru pencak silat. Debut bersama iko uwais dalam film merantau (2009), nama yayan ruhian seolah tak pernah absen dari film laga sejak itu, baik di dalam mau pun luar negeri. Tercatat ia sudah bermain di dua film the raid dengan peran berbeda, star wars (2016) bersama cecep dan iko, beyond skyline (2017), dan terbaru bersama cecep arif rahman terlibat baku hantam dengan keanu reeves dalam john wick 3 (2019).

Baca juga: keanu reeves adalah representasi nyata dari seorang john wick

Itulah beberpa aktor langganan Hollywood yang berasal dari Indonesia. kita patut bengga kepada merak karena membawa nama bangsa ke pentas dunia dengan prestai, bukan dengan sensasi.