Investasi merupakan kegiatan mengumpulkan nilai dari suatu barang atau instrumen untuk kemudian dipakai di masa depan dengan mendapatkan imbal hasil nilai dalam proses pengumpulan dalam periode tertentu. Saat ini, kegiatan investasi telah berkembang seiring dengan kemajuan teknologi yang menopang seluruh elemen dalam kehidupan manusia, salah satunya adalah investasi emas. Emas merupakan instrument yang sangat menjanjikan untuk investasi karena mempunyai nilai atau harga yang cenderung stabil dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, emas juga merupakan tameng yang paling ampuh untuk mengahapi inflasi berkat ketahanan nilai yang tidak terlalu fluktuatif. Harga emas juga cenderung terus naik jika ia diperdagangkan atau dijadikan instrument untuk investasi dalam jangka waktu yang panjang. Memang sih keuntungan yang diperoleh gak bisa banyak banget, tapi investai emas dalam jangka waktu yang panjang hampir dipastikan akan menuai keuntungan di masa depan.

  1. Mitos dan Fakta Seputar Investasi Emas

Banyak sekali mitos yang berkembang di masyarakat yang kurang teredukasi soal investasi emas ini, salah satu contohnya adalah mitos bahwa investasi emas itu harus mempunyai dana yang cukup banyak karena harga emas yang mahal. Ini adalah murni mitos yang tingkat kebenarannya adalah 0 persen. Saat ini, investasi emas bisa dilakukan dengan sangat mudah dan dengan dana yang minim sekalipun. Ada banyak perusahaan investasi yang menyediakan kemudahan ini, contohnya pegadaian. Di pegadaian, kita sekarang bisa membuka tabungan investasi emas hanya dengan modal 10 ribu rupiah saja. Mereka menyediakan sistem dimana kita bisa nabung emas layaknya menabung deposito di bank. Jadi, kita hanya mendapatkan catatan mutasi jumlah tabungan emas apabila kita menabung di pegadaian. Untuk syarat dan ketentuannya pun sangat mudah karena sama seperti membuka rekening tabungan di bank. Selain murah dan mudah, menabung emas di perusahaan investasi seperti pegadaian juga menjamin keamanan aset kita karena pihak perusahaan menyediakan tempat penyimpanan dengan keamanan tingkat tinggi.

Selain menabung emas di perusahaan investasi konvensional, saat ini kita juga bisa investasi emas secara online, dan cara ini jauh lebih muda lagi dari pada menabung emas secara konvensional. Era digital memang telah mengubah banyak hal, dan hal itulah yang juga terjadi pada perusahaan investasi. Sekarang sudah banyak tersedia perusahaan investasi yang membuka layanan tabungan emas dengan cara yang sangat mudah, cepat, dan efisien. Hanya melalui platform online, kita sekarang bisa membeli dan menjual emas kapanpun kita mau dan dimanapun kita berada; asalkan ada koneksi internet yang memadai. Salah satu perusahaan yang menyediakan layanan investasi emas online adalah tokopedia. Selain menjadi marketplace online, tokopedia kini telah berkembang menjadi perusahaan investasi online, salah satu instrument yang disediakan adalah emas. Sama dengan sistem yang ada di pegadaian, investasi emas online di tokopedia juga bisa dimulai hanya dengan menggunakan modal yang sangat minim. Bedanya dengan pegadaian, menabung emas di tokopedia bisa 100% online; mulai dari registrasi, membeli emas, hingga menjualnya jika kita sedang membutuhkan uang atau jika sudah memperoleh keuntungan yang cukup.

2. Tips dan trik investasi emas

Investasi berarti kita bukan hanya menabung barang, tapi juga nilai. Nilai akan terus berubah dari waktu ke waktu, dan karenanya kita harus cermat dalam inevestasi agar mendapat keuntungan dengan mendapatkan imbal hasil dari nilai yang lebih tinggi ketika instrument tersebut dilepas ke pasar. Untuk itu, simak tips dan trik investasi emas berikut ini.

  • Beli emas pada saat harga turun

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa semua instrument investasi itu nilainya fluktuatif, bisa naik dan turun. Meskipun emas harganya tidak terlalu fluktuatif, harga emas juga bisa turun dan naik dalam periode yang singkat. Nah sebelum memutuskan untuk investasi emas, perhatikan harga emas terlebih dahulu, dan pastikan harganya sedang tidak berada di titik puncak. Terlebih kita harus melihat jejak rekam dari harga emas dari tahun ke tahun agar punya acuan mau beli di harga berapa nantinya.

  • Jangan terpancing harga yang terus naik

Bagimana jika hari ini harga naik, dan besok harganya juga naik? Tenang, harga emas memang selalu naik jika dilihat dalam jangka waktu yang lama. Akan tetapi, harga emas yang terus naik dalam waktu singkat juga harus diwaspadai karena biasanya juga akan mengalami koreksi yang cukup dalam. Oleh karena itu, memperhatikan harga memang sangat penting, jika harga terus naik, tunggu momentum koreksi kemudian baru bisa membeli emas.

  • Borong emas saat kondisi ekonomi tak menentu

Jika mempunyai dana yang cukup banyak, tidak ada salahnya untuk memborong emas dengan kuantitas yang besar pada saat keadaan ekonomi global mengalami ketidak pastian atau krisis. Menyandang status sebagai safe heaven (instrument aman), emas selalu menjadi incaran investor jika dunia sedang berada dalam kondisi krisis. Dalam kondisi ini kita juga bisa mendapatkan keuntungan yang besar juga dalam waktu singkat karena biasanya harganya akan naik secara signifikan dalam waktu yang relatif pendek. Akan tetapi, hal ini hanya direkomendasikan untuk dilakukan pada saat tertentu sesuai dengan status quo di atas.

  • Jual emas setelah 2 tahun

Bagaimana jika ingin investasi emas dalam jangka waktu yang panjang? Boleh saja, dan memang lebih baik demikian. Akan tetapi, hal yang perlu diperhatikan jika ingin berinvestasi dalam jangka panjang adalah waktu untuk melepas emas itu sendiri; dengan kata lain menjualnya. Jangan pernah menjual emas sebelum 2-3 tahun setelah menabungnya karena nilainya tidak terlalu berubah, dan dikhawatirkan bahkan bisa merugi jika periode beli dan jual dilakukan dalam jangka waktu yang berdekatan, kecuali untuk kasus pada poin no.3.

3. Instrumen investasi alternatif selain emas

Selain investasi emas, ada juga cara lain untuk melakukan kegiatan investasi, seperti reksa dana. Reksa dana merupakan kegiatan investasi yang dilakukan oleh investor dengan sistem himpunan dana dari banyak investor yang nantinya akan dikelola oleh manajer investasi; singkatnya, kita dan investor lain mengumpulkan dana untuk nantinya dikelola perusahaan investasi. Reksa dan juga memliki beberapa portofolio, diantaranya adalah pasar uang, saham, pendapatan tetap, dan campuran. Kita bebas memilih jenis reksa dana mana yang akan kita jadikan isntrumen untuk investasi. Sama seperti emas, investasi reksa dana juga sekarang sangat mudah karena bisa dilakukan 100% secara online. Untuk investasi reksa dan, kita bisa langsung ke bareksa selaku sebagai salah satu penyedia layanan investasi.

Lalu, manakah yang lebih menguntungkan? InvestasiĀ  emas atau reksa dana? Jawabannya akan sangat dinamis, sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan yang kita miliki sebagai investor.