Menulis adalah pekerjaan yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang, apa lagi buat orang yang suka beropini atau hanya sekedar curhat dengan dirinya sendiri melalui tulisan. Tentunya hal ini bisa berdampak positif pada si penulis tersebut, baik secara intelektual mau pun mental. Bila dulu orang hanya menulis di berbagai media seperti buku tulis, buku catatan, dan diary, maka agak sedikit berbeda bila dibandingkan sekarang. Di era teknologi informasi ini, menulis apa pun mulai dari curhat, opini, mau pun penyampaian berita bisa melalui media yang terhubung dengan internet, misalnya website, blog, dan media sosial. Jika dulu menulis hanya dijadikan hobi atau sekedar untuk mengisi waktu luang dan sebagai ajang mengekspresikan diri, sekarang nampaknya sudah bergeser dari segi fungsi dan tujuannya.

Di era teknologi informasi ini, menulis bisa dijadikan sebuah ajang kompetisi, ajang untuk menjaring audiens, dan tentunya untuk mencari pendapatan dari kegiatan menulis. Bahkan banyak orang yang hidup dari dan untuk menulis. Orang yang seperti ini bisa dikatakan berprofesi sebagai penulis, seperti penulis buku, penulis cerpen, penulis berita, dll. Terlepas dari penulis yang dijadikan profesi seperti yang disebutkan sebelumnya, umumnya mereka hanya akan dibayar sesuai kapasitas tulisan dan tentunya setelah karyanya terbit. Satu hal yang menjadi tren saat ini sebagai penulis dan bahkan bisa dijadikan perkerjaan tetap oleh beberapa orang, yaitu blogging. Blogging merupakan kegiatan menulis di website atau blog dengan tujuan nantinya bisa mendapatkan pemasukan dari pemasangan iklan di website atau blog tersebut. Inilah kelebihan menjadi seorang blogger bila dibandingkan dengan penulis konvensional. Seorang blogger bisa berpendapatan hingga puluhan juta bila ia sudah mahir dalam menulis dan memanfaatkan blog atau websitenya yang pengunjungnya bisa mencapai ribuan per hari itu. Cara mendapatkan uang dari blog memang lebih mudah dari pada harus menerbitkan buku. Oleh karena itu, banyak sekali sekarang orang yang memilih profesi menjadi seorang pelunis karena cara menghasilkan uang dari blog memang relatif tidak sulit meskipun harus mengetahui teknik dan stratgei khusus agar blognya bisa meghasilkan uang yang lumayan.

Dalam kegiatan blogging, penulis hanya perlu menghasilkan tulisan yang bagus dan menarik untuk mendatangkan pengunjung yanga banyak sehingga nantinya peringkat website atau blognya naik di mesin pencari. Dampaknya, website si penulis akan terkenal karena berada di peringkat atas, dan ini akan dimanfaatkannya untuk membuka ruang iklan untuk orang yang ingin mengiklankan produknya di website si penulis yang memiliki pengunjung hingga ribuan per hari. Tentu saja dengan pemasangan iklan ini tidaklah gratis alias berbayar, dan si penulis bisa mendapatkan pemasukan dana dari iklan yang bahkan mungkin setiap hari dengan nominal yang tidak sedikit biasanya.

Akan tetapi, masih banyak orang yang mengeluhkan cara mendapatkan uang dari blog itu susah karena tidak bisa atau bahkan buta dalam platform pembuatan website dan blog. Mungkin mereka lupa bahwa saat ini mereka bisa membuat website sendiri dengan tutorial yang banyak bertebaran di internet. Kalau pun tidak sempat atau tidak mau ribet, banyak agensi digital atau penyedia layanan jasa pembuatan website mulai dari ratusan ribu dan yang paling sederhana hingga yang rumit pembuatannya dengan harga eksklusif. Jika pembuatan website dinilai kurang praktis, blog gratisan juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan menulis, akan tetapi fitur dan kualitasnya sangat terbatas dan terlalu sederhana bila digunakan untuk kegiatan menulis yang bertujuan untuk menjadi seorang blogger.

Intinya, hobi menulis sangat bisa dijadikan perkerjaan tetap tanpa perlu terikat waktu dan tempat. Asalkan ada koneksi internet, semua bisa dilakukan dengan baik kapan pun dan dimana pun. Yang terpenting adalah kemauan dan kemampuan untuk melihat peluang yang ada.