Siapa sih yang gak suka kalau waktu gajian udah datang? Tapi pertanyaan yang penting bukan itu sih, tapi; gimana sih cara mengatur keuangan tiap bulan? Cukupkah untuk pengeluaran bulanan atau malah kurang? Emang berapa sih jumlah gaji kamu kok banyak yang mengeluh meskipun gajinya 10 koma? Iya, maksudnya tanggal sepuluh udah koma, dan mungkin akhir bulan udah jadi titik koma, tanda petik, tanda seru, atau mungkin tanda tanya. Terlebih gaji kalau udah mau habis tapi baru nyadar, kemarin habis beli apa aja ya? Penjelasan di bawah ini mungkin bisa member tips manajemen keuangan dan menjawab pertanyaan kenapa gaji yang terus bertambah tapi tetap gak bisa nabung

  • Kamu gak buat skala prioritas kebutuhan hidup

Skala prioritas itu sangat penting untuk manajemen keuangan kamu yang bisa dibilang asal keluar duit. Dengan membuat skala prioritas, kamu akan jadi orang yang lebih disiplin dan cermat dalam membeli sesuatu, jadi gak asal suka asal beli. Pertama mungkin kamu bisa memilah antara mana kebutuhan yang paling utama dan mendesak dan mana kebutuhan yang bisa ditunda dan gak terlalu penting. Dan yang menjadi fokus utama adalah hal apa yang biasa kamu lakuin yang ngabisin duit tapi sebenarnya itu gak masuk dalam pengeluaran bulanan kamu. Mulai sekarang coba kamu kurangi secara bertahap. Dari pada uang keluar percuma untuk hal – hal yang gak jelas, mending buat investasi kebutuhan masa depan, atau minimal bisa dipakai untuk liburan biar bisa menyenangkan diri  sendiri. Pokoknya yang penting cara mengatur keuangan harus bijak dan hati – hati.

  • Gaya hidup

Ini adalah hal yang sebenarnya gak penting – penting amat, tapi karena biasanya hanya sekedar gengsi dan ingin mengikuti tren, kamu terjerumus ke dalam pergaulan yang akan menghabiskan uangmu untuk hal yang gak bermanfaat. Imbasnya tentu saja pada manajemen keuangan kamu yang gak sehat. Selain terus menerus dituntut oleh keadaan yang sama sekali gak menguntungkan, sebenarnya kamu cuma menjalani kehidupan yang kosong karena menuruti gaya hidup yang serba glamor itu tidak ada nilai yang bisa diperoleh sama sekali. Mungkin kamu bisa mengubah gaya hidup dengan mengubah lingkungan pergaulanmu, selanjutnya terserah kamu mau berubah apa nggak.

  • Kamu kurang tegas

Nggak pengen menjalani gaya hidup yang glamor tapi teman – temanmu selalu mengajak kamu untuk mempunyai gaya hidup seperti itu adalah awal dari kehancuranmu kalau kamu kurang tegas untuk mengatakan tidak pada mereka. Mungkin kamu bakalan lambat laun bakal dijauhin sama orang – orang yang tipenya seperti itu, tapi percaya deh itu justru baik buat diri kamu sendiri. Selain menjaga manajemen keuangan untuk tetap sehat, lingkaran pertemananmu juga akan menjadi lebih bernilai karena secara tidak langsung kamu akan mulai berteman dengan orang – orang yang mempunyai nilai dan manfaat tersendiri baik untuk dirinya sendiri mau pun orang lain.

  • Latih mentalmu

Memang sih gak semudah itu untuk tidak terpengaruh pada lingkungan sekitar, apalagi teman – teman terdekatmu yang hampir setiap hari bertemu di lingkungan kerja. Akan tetapi, sebagai seseorang yang sudah dewasa, seharusnya kamu memiliki mental yang kuat untuk menghadapi semua itu. Kamu harus selalu menerapkan prinsip yang kamu punya biar nggak gampang terombang – ambing di lautan pergaulan yang sulit dikontrol seperti sekarang. Kontrol diri merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap individu kalau gak pengen terseret ke dalam hal yang berbahaya dan tidak diinginkan.