Cara menghilangkan stres dengan cepat dan ampuh

Rasa lelah dan stres mungkin adalah hal yang biasa kita rasakan saat kita selesai bekerja atau pun melakukan aktivitas harian lainnya. Berbagai cara menghilangkan stres pun terkadang kita lakukan, mulai dari hal – hal sepele sampai menjalani hobi bila memungkinkan. Sebenarnya, ada beberapa hal yang termasuk dalam aktivitas ringan sebagai cara mengatasi stres yang bisa kita lakukan tanpa harus ribet dan mengeluarkan banyak biaya tambahan. Berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan stres yang menjerat kepala

  • Ngopi

Untuk cara menghilangkan stres yang satu ini sudah nggak bisa dipungkiri lagi. Bahkan kalau kita lihat banyak sekali orang yang selesai bekerja biasanya bersantai di warung kopi atau kafe bersama teman atau kerabat untuk bersantai dan melepas penat setelah selesai bekerja seharian. Mereka biasanya menghabiskan sisa hari dengan bercengkerama dan bercanda untuk membuat rileks kembali pikiran. Minum kopi apa lagi sambil ngumpul memang menjadi sesuatu yang menyenangkan, ditambah lagi kalau cita rasa kopinya berkualitas dan diolah oleh barista yang berpengalaman, pastinya akan menambah cita rasa untuk kembali bergairah dan bersemangat. Akan tetapi, perlu juga diingat bahwa kebanyakan kafein dan gula itu juga gak baik buat kesehatan lho ya. jadi, semua harus sesuai porsinya dan pastikan mengonsumsi secukupnya saja.

  • Membaca buku

Selain ngopi, cara mengatasi stres lainnya adalah membaca buku, biasanya orang dengan tipe ini adalah seorang kutu buku. Ketika anda suka membaca buku sekaligus ngopi, kenapa tidak? Anda bisa bersantai membaca buku sambil sesekali menyeruput kopi panas yang ada di meja itu. Tapi ingat ya, jangan baca buku seperti filsafat atau politik yang bisa nambah berat pikiran, tapi baca novel atau buku lain yang ringan aja biar stresnya hilang. Kalo baca yang berat bisa – bisa tambah stres setelah baca nanti. Bacaan yang ringan memang sangat direkomendasikan untuk menghilangkan stres, dan tidak perlu repot juga harus beli buku bacaan di toko buku mengingat sekarang banyak sekali kanal daring yang menyediakan bahan bacaan gratis untuk semua orang, sebut saja wattpad, medium, dll. Selain bacaan yang berupa teks, banyak juga sekarang creator komik yang sudah menyediakan kontennya secara online, misalnya line webtoon yang menyediakan cerita fiksi bergambar untuk menambah warna sehingga pembaca tidak mudah bosan.

  • Mendengarkan musik

Mendengarkan musik adalah salah satu cara menghilangkan stres yang paling banyak dilakukan orang. Jenis musik yang biasa didengarkan untuk mengatasi stres bermacam – macam tergantung selera, akan tetapi yang biasa banyak digemari adalah pop, jazz, ballad, rnb, dan klasik. Biasanya, untuk menghilangkan stres kebanyakan orang lebih memilih musik klasik atau instrumen. Memang kedua jenis musik ini sudah terbukti banyak berdampak positif untuk pendengarnya. Kembali pada poin no.1 dan no.2, mungkin cara ketiga ini bisa dilakukan bersama bila anda menyukai ketiga poin tersebut. Seruput kopi sambil baca buku dan mendengarkan music. How beautiful it is!

Baca juga: kunci kebahagiaan yang tidak disadari banyak orang

  • Berkumpul dengan keluarga/teman

Untuk hal yang satu ini memang gak bisa dipungkiri lagi. Berkumpul dengan teman atau keluarga selepas menjalani hari yang panjang adalah salah satu cara mengatasi stres yang ampuh. Meskipun topik obrolan yang gak penting – penting amat, asalkan bisa berkumpul sambil mengobrol santai atau bercanda akan bisa mengatasi stres akibat tekanan kehidupan yang didapat sepanjang hari. Tapi jangan salah, melalui chitchat yang awalnya mungkin hanya basa – basi, bisa saja sesuatu yang menarik dan menambah pengetahuan kemudian lambat laun masuk menjadi bahan pembicaraan sehingga suasana bisa menjadi lebih hangat dan harmonis.

  • Nonton film

Nonton film gak harus selalu ke bisokop lho, malah sekarang adalah layanan streaming film premium mulai dari Netflix, iflix, hbo, dll. Ribuan film baru setiap hari dihadirkan untuk semua orang yang berlangganan layanannya. Memang sih harus keluar uang sedikit, tapi apa salahnya untuk tontonan yang berkualitas yang gak bisa kita jumpai di kanal mana pun, terutama tv swasta. Kalau mau lebih hemat juga ada banyak website yang menyediakan layanan streaming film secara gratis, tapi yang pasti kualitasnya nggak seperti yang premium ya. Menonton satu episod dari satu film series nggak ada salahnya untuk menghibur diri dari keletihan sepenjang hari.

  • Meditasi

Cara menghilagkan stres yang satu ini biasanya banyak digunakan orang yang memiliki spritualitas yang tinggi atau biasanya kita sebut religius. Meditasi bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari berdoa, berdzikir bagi yang muslim, atau bisa juga dengan membaca kitab suci. Lebih dari itu, meditasi juga bisa membawa kita pada tingkat kesadaran yang lebih luas untuk melihat kehidupan dari berbagai sudut pandang. Dengan melakukan meditasi, kita akan lebih bersyukur pada kehidupan dan akan lebih luwes dalam menjalani segala aktivitas.

  • Olahraga

Olahraga adalah aktivitas yang menyenangkan karena selain menyehatkan, olahraga juga membuat kita menjadi orang yang cenderung bisa berpikir positif. Penelitian ilimiah menunjukkan bahwa dengan olahraga kondisi emosi kita akan lebih bahagia karena menggerakkan badan dalam intensitas tertentu bisa melepaskan hormone endorphin yang ada di dalam tubuh kita. Imbasnya tentu saja kita tentu merasa bahagia setelah kita menggerakkan badan dan mengeluarkan keringat. Jadi sudah jelas, bukan? Selain membuat badan sehat dan terhindar dari banyak penyakit, olahraga mampu membuat kita menjadi pribadi yang positif dan lebih bahagia.

  • Menulis diary

Dear diary, aku hari ini blab bla bla. Mungkin itu cara yang kita lakukan untuk menumpahkan segala uneg – uneg kita selama seharian penuh, yaitu dengan menulis curhatan di buku catatan peribadi atau yang lebih dikenal dengan sebutan diary. Menurut jurnal ilmiah memang menulis saat kita merasakan hal yang emosional membuat tensi dari emosi kita mereda. Jika sepuluh tahun yang lalu kita rajin curhat pada buku diary pribadi, tentu sekarang kita melakukannya dengan cara yang dangat bebeda, apa lagi sejak era sosial media sudah menginvasi kehidupan manusia di bumi. Banyak yang seharusnya itu hal pribadi tapi menjadi hal yang harus dikonsumsi oleh publik. Memang agak ironis, tapi itulah fakta yang terjadi kini. Akibatnya, banyak ujaran kebencian yang terjadi di internet sekarang terutama sosial media karena ketidak bijaksanaan penulis dalam mempublikasikan tulisannya. Sebenarnya ada cara yang bisa mengganti diary yakni tetap menulis tapi di media yang berbeda seperti di catatn hp, tablet, laptop, atau gawai apa pun asalkan itu tetap disimpan untuk diri sendiri, bukan untuk dipublikasikan. Jika ingin dipublikasikan, tinggal menjadikan tulisan yang isinya curhatan menjadi sesuatu yang lebih kreatif seperti puisi, cerita satir, atau anekdot yang sifatnya bisa dikonsumsi secaara publik dan tidak terlihat eksplisit sebagai curhatan semata.

  • (yang terpenting) Jangan stres