Dalam kehidupan yang kita jalani, ada banyak orang yang mempunyai peran masing – masing, begitu juga kita. Orang – orang yang berada di sekitar kita –banyak sedikitnya- akan berpengaruh dalam kehidupan kita. Dengan banyaknya orang yang masuk dalam kehidupan kita, terkadang kita tidak bisa mengelak kehadiran beberapa orang untuk hadir dalam kehidupan kita. Dalam hal ini, orang – orang tersebut juga memiliki karakter yang berbeda – beda, dari yang menyenangkan, biasa saja, sampai menyebalkan. Untuk kategori terakhir, memang sering kali membuat hari – hari kita tidak begitu nyaman, bahkan akan sangat mempengaruhi mood kita. Orang – orang dengan karakter tersebut memang pasti ada di dalam kehidupan kita, tapi respon kita terhadap perlakuan mereka kepada kita adalah yang bisa menentukan apakah kita akan baik – baik saja menjalani hari – hari kita atau akan merasa emosi sepanjang hari karena omongan orang lain. Berikut tips untuk menghapadi orang – orang yang toxic dan akan merusak mood kamu saja

  • Cuek aja lha

Respon yang cuek bisa dibilang respon yang paling cerdas untuk menghadapi orang – orang yang toksik. Dengan tidak mengindahkan apa yang mereka katakana kepada kita, hari – hari kita akan menjadi baik – baik saja dan menyenangkan. Mungkin dengan respon yang demikian akan membuat kita tetap fokus pada tujuan kita yang sudah kita rancang di awal. Akan tetapi, terkadang cuek aja gak cukup, tergantung dari konteks orang kita hadapi seperti apa.

  • Coba bicara pelan – pelan

Kalau kita mempunyai cukup keberanian untuk mendekati si toksik, kita mungkin bisa mencoba mengobrol baik – baik sama dia. Awalnya mungkin tidak muda, tapi kalau dilakukan terus menerus mungkin akan membuahkan hasil. Gak jarang orang yang sering nyinyir malah akan jadi orang yang baik kepada kita jika kita berhasil untuk menyadarkan orang tersebut. Tentunya cara ini gak selamanya bisa berhasil, bahkan banyak kasus yang semakin menjadi – jadi level nyinyirnya kepada kita. Untuk kasus yang seperti itu, tidak ada hal lain yang bisa kita lakukan selain membiarkannya dan fokus pada tujuan sendiri.

  • Sudah saatnya kamu tegas

Kalau pada pilihan sebelumnya tentang respon kepada orang – orang toksik adalah dengan berani mengajaknya berbicara baik – baik –meskipun banyak kasus tidak berhasil dengan cara ini- ada cara yang lebih berani jika si toksik sudah kelewatan batas dan terlalu ikut campur dengan segala sesuatu yang kita lakukan di kehidupan kita. Pilihan itu adalah merespon dengan tegas bila orang itu sudah sangat mengganggu kita. Merespon dengan tegas di sini bisa dengan menasihatinya, langsung ngomong dengan nada yang kaku, atau bisa langsung melawannya. Akan tetapi, cara ini bukanlah cara terbaik dan akan lebih baik lagi jika tidak dilakukan karena akan bisa menimbulkan masalah yang berkepanjangan. Palagi jika si toksik memang suka mencari masalah dengan, maka dengan ini dia seolah merasakan kemenangan karena telah berhasil membuat emosi kita terpancing.

  • Carilah kehidupan yang baru

Dibanding cara – cara sebelumnya, cara yang terakhir ini mungkin menjadi cara yang benar – benar terakhir dan pamungkas untuk dilakukan sebagai bentuk respon kepada orang – orang yang toksik. Akan tetapi, memutuskan untuk memiliki kehidupan yang benar – benar baru memang akan sangat besar dampaknya untuk diri kita sendiri nantinya. Dengan semua hal yang benar – benar baru dalam kehidupan kita, semua berarti dimulai dari awal lagi bahkan beberapa hal dimulai dari nol. Untuk mengambil keputusan dengan mengambil cara terkahir ini dibutuhkan keberanian dan pertimbangan yang matang sebelum menjalaninya karena mungkin aka nada kesulitan – kesulitan baru yang siap gak siap harus kita hadapi. Mencari kehidupan yang baru bukan berarti meninggalkan semua yang sudah melekat di kehidupan kita, asalkan kita mempunyai persiapan yang cukup untuk kehidupan baru, mungkin keputusan ini bisa diambil tanpa merasa takut akan kekurangan dan kesulitan yang mungkin akan kita rasakan di kehidupan baru kita.

Baca Juga: Cara Mengatasi Stres

Setiap orang memiliki kompleksitas masalah yang berbeda – beda, dan tentunya nanti akan memiliki pilihan yang berbeda juga dalam mengambil keputusan meyelesaikan masalahnya. Intinya, menghadapi orang – orang yang toksik itu memang tidak mudah, dan kita sebenarnya mempunyai banyak pilihan bagaimana merespon sikap mereka terhadap apa yang dilakukan kepada kita. Yang jelas, keputusan tetap berada di tangan kita masing – masing, dan yang paling penting adalah terus belajar untuk mempersiapkan segala kemungkinan yang mungkin saja terjadi dan itu di luar dugaan kita. Terima kasih telah membaca, semoga hari anda menyenangkan.