Inovasi adalah satu hal mutlak yang harus dilakukan untuk dapat bertahan dan berkembang dalam berkreasi. Untuk itu, ide – ide kreatif sangat diperlukan untuk mengembangkan karya yang sudah ada untuk dijadikan sesuatu yang lebih baik dan berguna. Tetapi, banyak orang yang terkadang memiliki kebuntuan dalam menemukan ide – ide kreatif sehingga sulit untuk menemukan bentuk inovasi yang pas untuk karyanya. Banyak orang yang hanya berbicara tentang kreativitas tapi tidak menunjukkan caranya bagaimana menjadi orang yang kreatif dengan ide – ide yang cemerlang karena itu adalah sebuah rahasia bagi mereka agar tidak mendapatkan banyak pesaing dalam berkreasi. Beberapa tips berikut mungkin bisa membantu anda untuk menjadi kreatif sehingga nantinya akan melahirkan ide –ide yang luar biasa.

  • Banyak membaca

Ada pepatah bilang bahwa membaca adalah jendela dunia. Hal itu benar adanya karena dengan membaca kita bisa mendapatkan pengetahuan baru sehingga cara pandang kita terhadap sesuatu akan berbeda pula nantinya. Apalagi di era keterbukaan seperti sekarang, informasi dan pengetahuan bisa kita dapatkan dimana pun dan kapan pun kita mau. Tergantung dari besar minat kita untuk membaca itu sendiri. Semakin banyak membaca akan semakin banyak pula pengetahuan kita yang nantinya akan melatih otak kita untuk berpikir kritis sehingga bisa menjadi individu yang lebih kreatif.

Baca Juga: Lakukan Ini Biar Gak Mager

  • Perhatikan lingkungan sekitar

Sering kali kita tidak sadar bahwa lingkungan tempat kita berinteraksi dengan sesamalah yang membentuk kepribadian kita hari ini. Akan tetapi, pribadi yang cerdas bukanlah bentukan dari lingkungannya, tapi dari dirinya sendiri yang mana lingkungan hanya berperan sebagian karena setiap orang berhak dan berdaulat menentukan pilihannya sendiri tanpa dipengaruhi oleh siapa pun. Lalu apa yang dimaksud dengan memperhatikan lingkungan sekitar? Banyak sekali fenomena sosial di lingkungan kita hidup dimana untuk memahami apa yang terjadi dibutuhkan logika yang hidup untuk menganalisa fenomena – fenomena itu. Sehingga nantinya kita bisa berpikir dari sudut pandang yang berbeda sehingga melahirkan pendapat yang berbeda. Perbedaan inilah yang sering lupa kita sebut sebagai kreativitas. Tanpa kita sadari, jika kita melatih diri kita seperti itu secara terus menerus, ide – ide kreatif akan datang dengan sendirinya nantinya.

  • Berimajinasi

Salah satu ilmuwan terbesar dalam sejarah mengatakan bahwa imajinasi lebih penting dari ilmu pengetahuan. Dalam konteks tertentu, pendpaat tersebut bisa jadi benar adanya. Imajinasi adalah realita yang tidak bisa dilihat oleh semua orang. oleh karena itu, berimajinasi tentang sesuatu itu sangatlah penting karena banyak hal yang awalnya hanyalah sebuah isapan jempol belaka kemudian bisa diwujudkan dalam bentuk yang ril. Berimajinasi melatih kita untuk berpikir di luar logika kebanyakan manusia karena imajinasi yang sifatnya semu. Akan tetapi, ketika kita berimajinasi dengan latar belakang yang kita punya, imajinasi itu bukan lagi menjadi sekedar hayalan yang mengada – ada yang mungkin hampir mustahil diwujudkan dalam bentuk nyata, tetapi sudah menjadi rencana atau ide kreatif yang kita dapat untuk ditindak lanjuti dalam rangka melakukan inovasi dalam berkreasi.

  • Melihat dari banyak sudut pandang

Setiap manusia memiliki cara pandang yang berbeda – beda terhadap sesuatu sesuai dengan limitasi pengetahuan dan latar belakangnya. Itulah sebabnya banyak orang yang berbeda pendapat dan tidak jarang pula orang berdebat hanya karena memiliki sudut pandang yang berbeda pada suatu hal. Untuk mejadi kreatif, melihat sesuatu tidak cukup dari satu sudut pandang saja karena hal itu akan sangat membatasi kita dalam berpikir. Selain itu melihat sesuatu hanya dari satu sudut pandang saja akan sangat bahaya bagi kita terutama yang bersentuhan dengan industry kreatif. Melihat dari banyak sudut pandang akan sangat membantu kita dalam mendapatkan ide –ide kreatif karena dengan banyak sudut pandang akan melahirkan opini yang berbeda juga sehingga dengan pengetahuan yang kita miliki kita bisa lebih banyak ‘berbicara’ dari pada orang – orang yang hanya melihatnya dari satu sudut pandang saja.