Kota semarang merupakan salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia, tepatnya peringkat lima besar. Sebagai kota paling besar sekaligus menjadi ibu kota jawa tengah, semarang memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki wilayah lain, terutama di bidang pariwisatanya. Tempat wisata di semarang kini semakin bagus dan semakin berkembang berkat pengelolaan yang baik dari pemerintah kota semarang mau pun provinsi jawa tengah. Selain itu, warganya yang dikenal ramah dan santun –seperti jogja- juga ikut andil dalam pemeliharaan tempat wisata di semarang sehingga tetap terjaga dengan baik kondisi tempat – tempat wisata tersebut. Ngomong – ngomong soal tempat wisata di semarang, ini dia beberapa tempat yang wajib dikunjungi jika mampir di kota lumpia ini.

Lawang Sewu

Source: micky10 – https://www.kaskus.co.id/thread/5747b17a162ec2e1118b4567/melirik-lebih-dalam-sisi-keindahan-dan-kemisteriusan-lawang-sewu/

Seperti namanya, lawang sewu memang memiliki banyak sekali pintu dalam bangunannya sehingga sebutan itu pantas untuk disematkan kepada bangunan bersejarah di kota semarang ini. Lawang sewu merupakan salah satu objek wisata yang sangat terkenal di semarang. Gedung peninggalan belanda ini memiliki banyak kisah mulai dari kisah yang bersejarah sampai kisah mistis. Dibangun pada tahun 1904 oleh pemerintah belanda, gedung ini awalnya dipakai untuk kantor dari perusahaan kereta api yang menjadi cikal bakal perkembangan perkereta apian di Indonesia. Lawang sewu ini juga dibangun dengan gaya arsitekut belanda sehingga jika sekarang dilihat dan dibandingkan dengan bangunan sekitarnya pasti sangat jauh berbeda. Gaya arsitek khas belanda ini tidak hilang sampai sekarang meskipun gedung ini beberapa kali mengalami peralihan penggunaaan dimulai dari saat penjajahan jepang sampai sekarang dibuka untuk umum sebagai tempat wisata. Bahkan, sebelum dibuka untuk umum, gedung ini direstorasi tanpa mengubah bentuk aslinya sehingga sampai kini masih menarik banyak minat untuk banyak orang berkunjung ke tempat ini.

Museum Ronggowarsito

Source: Muhammad Fauzi Mustofa – https://www.travelblog.id/mari-mengenal-bangsa-sendiri-di-museum-ranggawarsita-semarang/

Tempat wisata di semarang yang satu ini adalah salah satu museum yang terlengkap dalam hal edukasi dan koleksinya. Museum ronggowarsito dibangun pada tahun 1975, dan resmi dibuka untuk umum pada tahun 1989. Musem ini menjadi salah satu tujuan utama para pelancong bila ingin memperoleh edukasi dalam berbagai macam bidang dan juga sekaligus melihat koleksi atau aplikasi dari suatu bidang keilmuan. Seperti namanya yang diambil dari seorang filsuf nusantara, ronggowarsito, museum ini mengedepankan keilmuan untuk dipelajari bagi pengunjung, seperti sains, teknologi, budaya, sejarah, politik, agama, industry, dll. Museum yang berdiri di atas lahan seluas hampir 2 hektar ini mempunyai 4 gedung dimana masing – masing gedung memuat suatu bidang keilmuan tertentu untuk koleksi dan edukasinya. Tidak seperti museum lain yang harganya relative lebih mahal, museum ini justru mempunyai tiket masuk yang sangat murah yaitu sebesar 4 ribu rupiah saja. Tidak hanya itu, tempat yang luas juga memungkinkan kita untuk mengelilingi museum sepanjang hari untuk menambah pengetahuan dan melihat – lihat koleksi karena jam bukanya relative panjan. Yaitu dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore.

Simpang Lima

Source: https://www.instagram.com/wisatasemarang/

Gak lengkap kalau jalan – jalan ke tempat wisata di semarang kalau tidak mengunjungi tempat paling ikonik di kota ini, yaitu simpang lima. Simpang lima adalah sebuah kawasan yang berupa alun –alun dengan luas lahan yang lumayan besar. Akan tetapi, simpang lima ini bukanlah alun – alun biasa seperti pada umumnya alun – alun di kota – kota lain. Simpang lima ini memiliki ciri khas yaitu memiliki lapangan yang luas di tengah alun – alun yang biasa digunakan untuk pertunjukan musik dan budaya yang sering diadakan di tempat tersebut. Tidak hanya itu, di kawasan simpang lima juga terdapat banyak macam hiburan dan kuliner. Selain itu, di kawasan tersebut juga banyak berdiri toko oleh – oleh yang menjual berbagai macam cenderamata dan juga menjual oleh – oleh khas semarang. Kalau soal kuliner di semarang, di tempat ini juga banyak pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam makanan khas semarang yang harganya sangat merakyat. Khusus di malam minggu dan car free day, kawasan simpang lima menjadi tempat yang lebih ramai dari hari biasa karena banyaknya aktivitas warga yang diadakan di tempat tersebut, mulai dari bersantai saja sampai acara pagelaran musik oleh musisi dan budayawan lokal.

Masjid Agung Jawa Tengah

Source: Googlemap – Fikry Nasrullah

Mau nyari tempat untuk beribadah sekaligus berwisata? Masjid agung jawa tengah bisa jadi salah satu opsi di antara banyak pilihan. Salah satu tempat wisata di semarang yang bertema religi ini dibangun dengan ciri khas yang unik dari pada masjid pada umumnya. Dari segi arsitektur, masjid agung jawa tengah ini memiliki gaya arsitektur perpaduan antara gaya nusantara dan gaya arab. Gaya arsitektur arab dapat dilihat dengan jelas ketika melihat pelataran masjid yang juga tempat didirikannya payung – payung raksasa seperti yang ada di masjid nabawi madinah. Tidak hanya sebagai tempat ibadah bagi umat islam, kawasan masijd agung jawa tengah ini juga memiliki beberapa tempat yang bisa dikunjungi untuk menambah pengetahuan seperti museum dan perpustakaan. Selain payung yang mirip seperti yang ada di masjid nabawi, masjid ini juga memiliki menara yang tingginya mencapai 99 meter dan diberi nama mernara asmaul husna. Sama seperti namanya, di menara ini tertulis 99 lafal asmahul husna di dindingnya. Tidak hanya bisa dilihat, kita pun bisa menaiki menara ini jika ingin melihat masjid dari ketinggian atau kota semarang dari sudut pandang yang lebih luas. Dengan hanya membayar 3-4 ribu rupiah saja, kita bisa menikmati pemandangan dari ketinggian menara ini.

Kota Tua Semarang

Source: Reza Pratama – https://www.yukpiknik.com/destinasi/wisata-kota-lama-semarang/

Tempat wisata yang bertema sejarah memang selalu menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah tempat wisata di semarang yang sudah terkenal dan mempunyai nilai sejarah yang sangat kental, yaitu kota tua semarang. Tempat yang mempunyai gaya arsitektur eropa ini dibangun pada jaman penjajahan belanda, gak heran kalau bangunannya gak ada yang bergaya lokal, apalagi usia bangunan yang rata – rata sudah mencapaia 200 – 300 tahun. Meskipun telah berdiri sejak beberapa abad yang lalu, tapi bangunan peninggalan colonial ini tetap terawatt dan masih terlihat cantik hingga hari ini, bahkan kota tua semarang telah mendapatkan pendanaan untuk restorasi dan perawatan sehingga tata kota tua ini tetap terjaga keaslian dan kenyamanannya. Di tempat ini, banyak bangunan yang masih difungsikan hingga hari ini meskipun usianya sudah berabd – abad, sepeti gereja blenduk dan beberapa bangunan lainnya, termasuk bangunan yang dimanfaatkan sebagai kafe, sehingga pengunjung bisa sambil kopi sembari menikmati gaya klasik eropa masa lalu.

Brown Canyon

Source: Erdi Bagus – https://www.travelblog.id/kapan-lagi-ke-grand-canyon-gratis-yuk-ke-brown-canyon-semarang/

Bukan di amerika, melainkan di semarang. Brown canyon ini sendiri memang memiliki kesamaan dengan grand canyon yang sudah terkenal seantreo dunia itu karena sering dipakai lokasi pembuatan film. Sama – sama memiliki tebing yang tinggi dan topografi tanah yang tidak merata akibat kikisan dan pelapukan yang alamiah. Akan tetapi, perbedaan yang mencolok dari brown canyon yaitu luas wilayahnya dan penyebab terbentuknya topografi tanah yang sedemikian rupa. Selain lebih kecil wilayahnya dibanding grand canyon, brown canyon juga memiliki faktor dari manusia sehingga terbentuklah sedemikian rupa. Salah satu tempat wisata di semarang ini memang awalnya adalah lokasi tambang material yan bahkan aktif hingga hari ini, akan tetapi lokasi yang banyak dikunjungi wisatawan adalah lokasi yang sudah tidak seaktif dulu aktivitas penambangannya. Meskipun demikian, tempat ini selalu ramai dikunjungi para pelancong yang ingin mencari tempat eksotis, terutama untuk mengisi feed media sosial alias aktivitas fotografi.

Kuliner Semarang

Tidak lengkap rasanya kalau berwisata ke semarang tanpa mampir ke tempat – tempat yang mnyediakan makanan khas semarang untuk kegiatan kulineran. Selain terkenal dengan objek wisata yang cantik dan menawan, semarang juga terkenal dengan kuliner khasnya yang juga tidak kalah terkenal dengan tempat wisatanya. Bahkan, kuliner semarang adalah dikenal salah satu yang paling maknyus di Indonesia. Berikut makanan khas semarang yang wajib dicoba.

Lunpia Semarang

Source: Afia Kurnia – https://www.idntimes.com/food/dining-guide/afina-kurniasari/rekomendasi-6-toko-lunpia-terkenal-di-kota-semarang-nagih-pokoknya-c1c2/full

Siapa sih yang gak tau makanan khas semarang yang satu ini? Memang sih lunpia bisa dijumpai mungkin di seluruh penjuru nusantara, tapi tau gak sih kalau sebenarnya lunpia ini adalah makanan khas semarang? Saudara kembar dari risoles ini memang sudah sangat terkenal bahkan sampai ke luar negeri. Rasanya yang khas dan juga gurihnya menjadi ciri khas yang hanya dijumpai ketika gigi sudah beradu karena kuliner semarang yang satu ini. Selain enak dan gurih, lunpia juga ternyata menyehatkan karena bahan baku isiannya yang merupakan macam – macam sayuran. Meskipun bisa dijumpai di mana saja, akan tetapi lunpia semarang memang berbeda dengan kebanyakan lumpia yang ada di luar semarang, yak an memang semua itu gak kayak aslinya. Di semarang sendiri ada banyak varian lunpia yang dijual oleh para pedagang, dan buat yang penasaran mending langsung nyoba aja deh dari pada nelen ludah terus habis baca ini.

Wingko Babat

Source: Devi Latifah – https://www.idntimes.com/food/dining-guide/devi-latifah/fakta-wingko-babat-exp-c1c2/full

Makanan khas semarang yang satu ini banyak ditemui di toko oleh – oleh karena memang makanan yang satu ini banyak dibeli sebagai oleh – oleh khas semarang. Sama seperti lumpia, wingko babat ini juga sudah sangat terkenal di seluruh penjuru nusantara. Akan tetapi, wingko babat ini adalah makanan yang sangat berbeda dari lumpia bila melihat dari bahan dasar pembuatannya. Jika lumpia isinya sayuran dan rasanya gurih, wingko babat ini rasanya manis dan juga kenyal. Jangan dibayangin enaknya, udah langsung beli aja sana dari pada ngidam.

Torakur

Source: Eko Susanto – https://food.detik.com/berita-boga/d-4041864/ini-dia-torakur-oleh-oleh-khas-bandungan-yang-terbuat-dari-tomat

Makanan khas semarang ini merupakan temuan baru dari seorang wanita yang penuh dengan kreativtas. Torakur sendiri merupakan singkatan dari tomat rasa kurma, penasaran? Coba aja deh langsung beli. Torakur awalnya adalah buah tomat yang dijadikan manisan, dan kemudian diolah menggunakan bahan – bahan tertentu jadilah torakur.

Tempat wisata di semarang dan juga kuliner semarang memang sangat banyak jumlahnya, oleh karena itu kita hanya akan tau kalau kita menjajalnya langsung. Lagi pula, traveling itu tujuannya untuk dinikmati, bukan hanya untuk feed sosial media belaka.