Lebaran adalah momen yang ditunggu oleh semua umat muslim di seluruh dunia, terutama di Indonesia yang tentunya mempunyai tradisi unik tersendiri yang berbeda dengan Negara lain. Biasanya lebaran di Indonesia identik dengan budaya halal bihalal atau berkumpul dengan keluarga dan rekan terdekat untuk merayakan hari raya idul fitri setelah ramadhan. Budaya halal bihalal ini sudah berkembang dari waktu  ke waktu, kalau dulu cukup dengan berkumpul dan bermaaf – maafan yang biasanya dibarengi dengan makan ketupat bersama, sekarang mungkin agak berbeda. Di Indonesia sendiri masyarakatnya sudah identik dengan baju baru ketika lebaran. Nggak heran donk toko, mall, butik, bahkan sekarang toko online selalu lebih ramai ketika menjelanh lebaran. Nah momen inilah yang dimanfaatkan penjual untuk meraih laba lebih banyak dari hari biasa karena permintaan yang membludak. Di sini sebagai pembeli kita harus jeli bagaimana caranya biar punya baju lebaran yang baru tapi tetap hemat.

  • Diskon

Siapa sih yang gak suka diskon? Bahkan orang yang super kaya aja pasti suka kalau membeli sesuatu dikasih diskon. Dalam kasus belanja baju lebaran, sudah pasti penjual yang memberikan diskon mulai dari yang kecil sampai yang paling besar. Eits tunggu dulu, kita juga harus jeli donk untuk membedakan mana diskon yang beneran ngasih diskon sama diskon yang itu Cuma tulisan angka doank alias diskon palsu, karena sekarang banyak yang berkedok memberi diskon besar tapi harganya juga sudah diubah lebih mahal sehingga harganya sama saja ketika sebelum diskon sebenarnya. Makanya kita harus hati – hati dalam melihat diskon dan harus teliti milih barang diskonan sebelum membelinya.

  • Belanja online

Tips yang satu ini sangat direkomendasikan karena kita akan mempunyai banyak keuntungan ketika beli baju lebaran secara online. Pertama, kita gak perlu ribet jalan ke toko atau mall untuk beli kebutuhan kita sehingga juga otomatis menghemat waktu dan tenaga. Kedua, berdasarkan pengalaman banyak orang, belanja online harganya kebanyakan lebih murah dari pada belanja offline. Kenapa? Mungkin karena penjual online nggak harus sewa toko dengan biaya mahal sehingga harga barangnya tidak terlalu mahal dan penjual online tetap untung.

  • Gratis ongkir

Nah ini juga salah satu keuntungan yang paling besar ketika kita memutuskan untuk membeli baju lebaran secara online. Biasanya kalau momen ramadhan dan mendekati lebaran banyak penjual yang memberikan gratis ongkir sehingga kita nggak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk pengiriman barang sampai rumah kita. Selain gratis ongkir, beberapa penjual juga ada yang memberikan voucher atau pun cashback ketika kita berbelanja di toko online mereka.

  • Marketplace

Sekarang sudah banyak tersedia marketplace online dimana banyak penjual juga di sana yang bisa kita pilih untuk membeli baju lebaran baik dari yang paling terjangkau sampai yang paling berkualitas, sebut saja Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Keuntungan ketika kita membeli di marketplace adalah kita secara tidak langsung mendapatkan rekomendasi dari pembeli yang sebelumnya berbelanja di sebuah toko online bagaimana kualitas barang yang ada di toko tersebut. Dengan melihat rating dan feedback dari pembeli, kita akan tahu apakah produk itu cukup bagus atau tidak. Selain itu, kita juga bisa melihat barang yang paling terjangkau karena disediakan fitur mengurutkan barang dari yang paling terjangkau, mahal, berkualitas, maupun terbaru. Intinya, membeli baju lebaran udah gak usah ribet lagi karena sekarang jaman sudah berubah dengan teknologi yang memudahkan kita dalam memebantu aktivitas kita dalam kehidupan sehari  – hari. Terima kasih telah membaca, semoga hari anda menyenangkan.