Mencintai pekerjaan adalah hal yang harus kita lalukan ketika kita melakukan sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan kita. Akan tetapi, faktanya, tidak semua orang mencintai pekerjaannya dan tidak semua orang juga bisa mencintai apa yang sedang mereka kerjakan sekarang. Dampaknya memang berbahaya, mulai dari performa kerja yang cenderung tidak stabil karena tidak melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati, sampai resiko tidak bisa fokus pada pekerjaan yang dampaknya nanti bermacam – macam, mulai dari complain dari rekan kerja hingga mendapatkan surat peringatan dari atasan. Mencintai pekerjaan adalah hal yang harus mutlak dilakukan, meskipun sulit tapi itu bisa kok dilakukan. Begini caranya:

  • Kebutuhan harian

Sebagai manusia kita gak mungkin kalau gak punya kebutuhan harian, mulai dari sandang, pangan, dan papan harus kita penuhi setiap hari dan tidak boleh tidak. Sebenarnya hal ini seharusnya sudah cukup menjadi motivasi untuk kita mencintai pekerjaan kita yang dilakukan setiap hari. Bayangkan kalau kita tidak bisa mememuhi kebutuhan harian kita, mau ngapain kita nanti?

  • Merasa lebih beruntung karena punya kerjaan

Bersyukur memang menjadi motivasi terbesar dari semua motivasi yang kita butuhkan, termasuk mempunyai suatu pekerjaan. Seharusnya kita bisa mencintai pekerjaan kita bila kita bersedia menundukkan kepala sejenak untuk bersyukur karena masih bisa bekerja dan mempunyai pekerjaan sehingga lebih beruntung dibandingkan dengan orang – orang yang sedang kebingungan karena sedang mencari pekerjaan dan belum mendapatkan pekerjaan. Sesulit apa pun pekerjaan dan sebesar apa pun tanggung jawab yang kita punyai akan selalu lebih baik dibandingkan tidak bekerja sama sekali.

  • Sebagai awal dari memulai mimpi

Setiap orang pasti mempunyai mimpi dalam hidupnya, dan mungkin sekarang apa yang kita lakukan adalah satu langkah menuju impian yang telah kita bangun tersebut. Meskipun sekarang tidak berada dalam jalan yang seharusnya untuk meraih mimpi kita, yakin aja kalau suatu saat pasti ada cara tersendiri untuk mencapai mimpi tersebut. Anggaplah apa yang dikerjakan sekarang sebagai satu batu loncatan untuk menuju fase berikutnya yang mungkin akan sekmakin mendekatkan langkah kita untuk mencapai mimi tersebut.

  • Jadikan pelajaran

Tidak apa – apa untuk mengerjakan hal yang tidak kita sukai sekarang karena desakan kebutuhan atau apa pun itu. Justru inilah satu keuntungan untuk kita yang sekarang berada dalam keadaan yang seperti ini. Pada fase ini kita akan belajar banyak hal termasuk untuk mencintai hal yang tidak kita sukai tapi kita membutuhkannya. Bukankah sesuatu yang tidak kita sukai itu bisa jadi bermanfaat untuk kita? Semua akan baik – baik saja sejauh kita ikhlas dan sabar dalam menjalankan perjuangan ini.

  • Ambil pengalamannya

Bukan pekerjaannya yang penting, melainkan apa yang bisa kita ambil dari melakukan pekerjaan tersebut. Kita boleh tidak suka dengan pekerjaan yang kita jalani sekarang, akan tetapi rasa tidak suka tidak boleh menyurutkan semangat kita untuk belajar dan mengambil pelajaran dari semua yang kita alami selama ini. Pengalam adalah guru yang paling berharga, dan bisa jadi pengalaman dari pekerjaan yang tidak kita sukai sekarang akan sangat berguna untuk kita nanti.